Vivienne Westwood, Queen of the Punk Style Tutup Usia

Vivienne Westwood, Queen of the Punk Style Tutup Usia

Vivienne Westwood, Queen of the Punk Style Tutup Usia--

RADARUTARA.ID - Seorang desainer ternama di Inggris, Vivienne Westwood dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) pada usia 81 tahun di Clapham London Selatan.  Kabar duka ini disampaikan lewat Twitter melalui akun rumah mode yang didirikan oleh desainer yang mempopulerkan fashion punk @Vivienne Westwood.

"Aku akan terus bersama Vivianne di dalam hatiku. Kami sudah bekerja hingga akhir dan dia sudah memberiku banyak hal untuk belajar", ungkap suami Vivienne. 

Vivienne Westwood lahir di Tintwistle, East Midlands, Inggris pada tahun 1941 dengan nama Vivienne Isabel Swire.

Ia mulai menunjukkan minat pada fashion sejak keluarganya pindah ke Harrow di London Borough of Harrow pada tahun 1958. Karir fashionnya berawal pada tahun 1971 ketika ia membuka butik di 430 Kings Road di Chelsea London dan masih beroperasi hingga saat ini dengan mendiang rekannya Malcom McLaren . Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai guru sekolah dasar.

Ia memiliki rekan kerja yang merupakan salah satu tim manajemen Sex Pistols, band punk Inggris yang kala itu sedang naik daun. Hal ini membuat para naggota band tersebut sering memakai rancangan Vivienne Westwood hingga semakin menaikkan namanya. Saat itulah bisnisnya berganti nama menjadi Sex and McLaren.

Selain terkenal dengan desain androgininya, dia juga dikenal sebagai aktivis setia dan membuat kampanye yang dia pedulikan seperti perubahan cuaca, ke atas catwalk.

Tak hanya kental dnegan unsur punk yang sempat kontroversial namun desain Vivienne Westwood juga memiliki dampak yang mendalam pada estetika subkultur. Tidak hanya itu, ia juga dikenal dengan rancangan gaun pengantin yang mewah, megah dan unik.

pada tahun 1981 ia mulai merambah runway yang menghadirkan berbagai look ikonik sampai saat ini seperti atasan korset, motif kotak-kotak berenda, slogan yang kuat dan cetakan binatang yang mencolok.

Pada tahun 2005 ia dianugrahi gelar Dame oleh Inggris atas kiprahnya tersebut. Karya-karyanya bisa kita lihat dipakai di film sex and the City selain itu juga dipakai oleh Putri Eugenie dan Dita Von Teese. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: