Dua Desa Wisata Bengkulu Utara Sabet Juara Tingkat Provinsi

Dua Desa Wisata Bengkulu Utara Sabet Juara Tingkat Provinsi

Desa Rama Agung meraih juara V dalam lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu--

ARGA MAKMUR, RU.ID - Setelah melalui proses penjurian dan pemilihan pemenang dalam Lomba Desa Wisata Kabupaten Bengkulu, ada enam desa Wisata yang masing-msaing memiliki keunggulan di bidang kepariwisataan dikirimkan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Pariwisata, untuk bersaing dalam Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Utara, Hendri Kisinjer, SE, MM dari total 16 kecamatan yang ada, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki 106 objek wisata, baik wisata alam, buatan, wisata religi, maupun wisata lainnya. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan ke lapangan ternyata hanya 71 objek wisata yang ada di 36 desa yang memenuhi standar dan tercatat keadministrasiannya. 

Selanjutnya, dalam Lomba Desa Wisata tingkat kabupaten, dari 16 desa yang mendaftar, hanya ada 12 desa yang mendaftar secara online dan 10 desa yang dinyatakan lulus administrasi.


Destinasi wisata religi di Desa Rama Agung meraih juara harapan II dalam lomba desa wisata Provinsi Bengkulu tahun 2022--

"Jadi bulan Oktober lalu sudah dilakukan proses penjurian sampai visitasi ke lapangan yang dilakukan sebagai verifikasi dan proses penilaian oleh dewan juri. Selanjutnya juri sudah memilih 6 desa wisata yang memiliki nilai tinggi dan dikirim ikut serta lomba desa wisata di tingkat provinsi," ungkapnya.

Menurut Kadis, penjurian di tingkat provinsi dilakukan langsung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dengan melibatkan Kementerian Pariwisata.

"Kementerian Pariwisata sudah turun langsung ke desa-desa yang ikut dalam lomba," terangnya.


Wisata Air Terjun Nakai Kotok di Desa Batu Raja Rejang menjadi salah satu destinasi unggulan Provinsi Bengkulu dengan meraih juara IX dalam lomba desa wisata 2022--

Dari hasil penjurian di tingkat provinsi, Desa Rama Agung di Kecamatan Arga Makmur mampu meraih juara V. Sementara Desa Batu Raja Rejang di Kecamatan Hulu Palik meraih juara IX dalam lomba ini. Hal ini dibuktikan dengan pengumuman yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-54, Jumat (18/11) di Kantor Gubernur Bengkulu.

"Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita laksanakan untuk membenahi dan membangun kepariwisataan kita. Semoga hal ini kian memacu semangat teman-teman di desa untuk terus berinovasi membangun kepariwisataan," harap Hendri. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: