Embung Tirto Darmo, Wahana Wisata di Kecamatan Padang Jaya

Embung Tirto Darmo, Wahana Wisata di Kecamatan Padang Jaya

Embung Tirto Darmo menjadi wahana wisata baru di Kecamatan Padang Jaya--

PADANG JAYA, RU.ID - Taman rekreasi memanfaatkan embung di Desa Padang Jaya, Kecamatan Padang Jaya, kian diminati wisatawan. Khusus di akhir pekan, tak sedikit pengunjung baik lokal maupun dari luar kecamatan, memanfaatkan hari libur untuk menikmati fasilitas di area embung.

Pantauan RadarUtara.ID, rata-rata fasilitas rekreasi yang dibangun melalui dana desa itu dijadikan spot selfie oleh pengunjung. Tak hanya itu, wahan permainan air berupa perahu bebek atau kolam renang juga tersedia di tempat ini.

Selain wahana permainan anak, di Embung Padang Jaya juga terdapat spot-spot selfie yang dapat dijadikan tempat berswafoto untuk dibagikan ke media sosial. Wahana swafoto itu di antaranya rumah hobbit, rumah terbalik dan taman.


Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian dalam Festival Ruwat Bumi yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Desa Padang Jaya di Embung Tirto Darmo --

Kepala Desa (Kades) Padang Jaya, Karyadi mengapresiasi animo wisatawan untuk berkunjung ke wisata Embung Padang Jaya. Ia mengaku, proses inovasi mewujudkan wisata baru unggulan desa ini masih terus dalam proses penataan. Hanya saja, melihat antusias kedatangan penunjung, keinginan untuk mengelola embung wisata pun semakin kuat.

"Alhamdulillah, sudah ramai dikunjungi wisatawan. Khususnya di hari-hari libur," ucapnya. 

Dikatakan Karyadi, kedepan pihaknya menargetkan keberadaan embung dapat memberikan manfaat ekonomi pada warga desa ini. Apalagi, dengan telah tersedianya sarana gedung UMKM di lokasi ini, dapat dijadikan sebagai pusat penjualan hasil produksi usaha kecil masyarakat Desa Padang Jaya.

"Nantinya pengunjung bisa mendapatkan oleh-oleh atau jajanan yang dibuat warga desa. Jadi ada manfaat selain pemasukan dari pengelolaan embung itu sendiri," lanjutnya.


Kepala Dinas Koperasi UMKM, Syarifah Inayati saat menjajal wisata air di Embung Tirto Darmo--

Selain itu, di sekitar embung ini juga terdapat lapak-lapak jualan untuk para pedagang menjajakan makanan.

"Yang berjualan makanan ringan atau berat di sekitar embung ini juga banyak. Jadi manfaat lokasi wisata benar-benar bisa dirasakan oleh warga," bebernya.

Agar pesona Embung Padang Jaya tak memudar, pihaknya kedepan masih terus akan berinovasi dengan memberdayakan kelompok pengelola, agar pengunjung terus datang dan dapat mendapat wahana baru untuk dinikmati.

"Ayo datang ke Embung Padang Jaya. Banyak hal yang bisa dinikmati di tempat ini. Tempatnya bagus dan bisa menjadi tempat liburan keluarga," promo Karyadi. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: