Tiga Pasar Desa Akan Dirombak Sesuai Keinginan Pedagang

Tiga Pasar Desa Akan Dirombak Sesuai Keinginan Pedagang

Bangunan pelapis tebing pasar di Desa Suka Makmur dari program CSR dua perusahaan, kecuali Pamor Ganda. --

KETAHUN RU.ID - Kepala Dinas Perdagangan BU, Suharlan, mengatakan, di tahun 2023 akan ada tiga pasar desa yang akan dirombak sesuai keinginan pedagang. 

Tiga pasar yang diproyeksikan bakal dirombak adalah, Pasar Desa Suka Makmur dan Pasar Desa Karya Bakti di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) dan Pasar Desa di Giri Kencana. 

Kegiatan perombakan ketiga pasar desa nantinya akan didanai Pemkab Bengkulu utara melalui Dinas Perdagangan di APBD murni tahun 2023. 

"Khususnya untuk pasar Desa Suka Makmur, sudah kita buat RAB-nya dan mudah-mudahan dikabulkan di APBD 2023. Karena untuk di APBD perubahan sudah tidak terkejar lagi," ungkapnya.

Ditegaskan Suharlan, perombakan pasar desa di Suka Makmur nantinya akan difokuskan untuk lapak pedagang. Dimana bangunan lapak dengan ukuran kecil yang ada di dalam gedung pasar itu akan dibongkar dan dibuat lesehan dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pedagang. 

"Sesuai permintaan pedagang. Kita bongkar meja lapaknya saja. Yang tetap kita kasih hanya batas lapaknya saja. Intinya akan kita sesuaikan kemauan dan kebutuhan pedagang. Dan rencannya pekerjaan yang sama juga akan kita lakukan kepada pasar di Giri Kencana dan Karya Bakti," bebernya.

Diharapkan Suharlan, setelah dilakukannya perombakan pasar nantinya. Ketiga pasar desa ini bisa diminati oleh pedagang dan berdampak positif terhadap pengelolaan pasar desa yang turut ditarget menyumbangkan PAD bagi daerah dan PADes untuk desa. 

"Muaranya kita ingin pedagang nyaman, mau berjualan, pasar ramai dan pasar bisa dikelola maksimal. Dimana output dari pengelolaan pasar itu bisa menyumbang PAD dan PADes," demikian Suharlan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: