Pemkab Bengkulu Utara Pastikan Nelayan Tradisional Bisa Isi BBM Subsidi

Pemkab Bengkulu Utara Pastikan Nelayan Tradisional Bisa Isi BBM Subsidi

Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Utara saat melakukan verifikasi kepemilikan kapan nelayan--

PUTRI HIJAU RU.ID - Kades Kota Bani, Kecamatan Putri Hijau, Warijo, sempat mengadu lantaran nelayan tradisional di wilayah desanya sempat merasa kesulitan untuk mendapatkan BBM subsidi di tingkat SPBU.

Kesulitan nelayan untuk mendapatkan BBM subsidi sangat berdampak terhadap pendapatan atau penghasilan nelayan tradisional di desanya yang hanya mengandalkan kegiatan dari menangkap dan menjual ikan hasil tangkapannya di laut.

Warijo berharap, pemerintah daerah memiliki kebijakan khusus untuk memperjuangkan dan menjamin hak para nelayan tradisional ini untuk mendapatkan BBM subsidi tersebut.

"BBM mahal dan sulit didapatkan nelayan tradisional kita. Ini sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya yang setiap hari mengandalkan pendapatannya dari hasil tangkapan ikan di laut," ungkapnya. 

Menanggapi keluhan tersebut, Asisten II Setkab BU, Dodi Hardinata, memastikan, kementerian terkait dan pemerintah daerah melalui peran Dinas Perikanan Bengkulu Utara telah memfasilitasi nelayan tradisional untuk mendapatkan BBM subsidi baik itu Solar maupun Pertalite. Dengan adanya kebijakan itu, Dodi menegaskan, seluruh nelayan tradisional yang memiliki mesin tempel dan perahu bisa membeli BBM subsidi di SPBU.

"Pemerintah daerah sudah memfasilitasi melalui penerbitan surat oleh Dinas Perikanan Bengkulu Utara. Bahwa semua nelayan tradisional bisa mengisi BBM subsidi baik solar atau pertalite dengan kriteria memiliki mesin tempel dan perahu," demikian Dodi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: