Dukung Ketahanan Pangan, Realisasi DD Air Muring Disertifikasi

Dukung Ketahanan Pangan, Realisasi DD Air Muring Disertifikasi

Pelaksanaan sertifikasi pembangunan Desa Air Muring menandai tuntasnya realisasi DD tahap II tahun 2022--

PUTRI HIJAU RU.ID - Realisasi Dana Desa (DD) Air Muring tahun 2022 ini turut mendukung program ketahanan pangan sebagaimana yang ditekankan oleh pemerintah pusat. Tak hanya itu, Pemdes Air Muring juga memperhatikan akses jalan sebagai salah satu pendukung utama lancarnya perekonomian warga. Pasalnya, di desa ini, mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani dengan tanaman perkebunan.


Kolam ikan ini dibangun Pemdes Air Muring untuk mendukung program ketahanan pangan--

Tuntasnya realisasi DD Air Muring tahap kedua ini ditandai dengan dilaksanakannya proses sertifikasi pada Selasa (11/10/2022), atas hasil-hasil pembangunan. Diantaranya, pembangunan kolam ikan untuk mendukung ketahanan pangan, pengoralan jalan usaha tani (JUT) dan pembangunan sumur bor untuk menyuplai kebutuhan air bersih.

Tim ahli yang melakukan proses sertifikasi menilai, pembangunan di Desa Air Muring dinyatakan sudah memenuhi persyaratan dan diapat dilanjutkan dengan penyerahan pada masyarakat untuk digunakan.


Disaksikan Tripika Kecamatan Putri Hijau, tim ahli melakukan proses sertifikasi realiasi pengoralan jalan usaha tani Desa Air Muring--

Kepala Desa Air Muring, H M So'ib, mengatakan, sertifikasi di tiga item pekerjaan bangunan fisik itu menandakan jika serapan DD tahap II tahun anggaran 2022 di desanya dinyatakan tuntas. Soib berharap, hasil pembangunan ini dapat diserahkan dan difungsikan oleh masyarakat. 

"Alhamdulillah, ketiga item bangunan fisik yang menjadi program desa di tahun 2022 ini sudah disertifikasi. Dengan demikian serapan dana desa tahun 2022 tuntas kita laksanakan," ungkapnya.

Sejumlah catatan untuk dilakukan pembenahan, dipastikan kades akan segera diperbaiki oleh pemerintah desa untuk memenuhi apa yang disyaratkan oleh pemerintah melalui tim ahli.

"Ada beberapa catatan. Kami segera perbaiki agar segera dapat dilakukan serah terima ke warga," lanjutnya.


Sumur bor sebagai salah satu sumber air bersih pun disertifikasi--

Lebih jauh, Kades menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih pada seluruh unsur warga desa dan tripika Putri Hijau yang memberikan pendampingan dan dukungan penuh pada penyelenggaraan pembangunan di Desa Air Muring.

"Sebagaimana usulan warga, maka semoga ini awet dan warga terus menjaga agar manfaatnya dapat dirasakan terus. Kepada seluruh pihak, pemerintah Kecamatan Putri Hijau, Polsek Putri Hijau, Koramil Putri Hijau dan segenap jajarannya, kami berterima kasih atas dukungan dan pembinaannya. Semoga apa yang kita lakukan bersama-sama ini menjadikan Desa Air Muring desa yang maju dan mandiri," lanjutnya.

Pantauan RadarUtara.ID di lapangan, hadir dalam proses sertifikasi ini diantaranya, Tim Ahli Kabupaten Bengkulu Utara, Pendamping Desa, Kapolsek Putri Hijau, Danramil Putri Hijau, Camat Putri Hijau, Kades Air Muring beserta jajaran staf dan perangkatnya hingga anggota Badan Permusyawaratan Desa Air Muring. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: