Longsor, Warga Desa Lubuk Gedang Terpaksa Mengungsi

Longsor, Warga Desa Lubuk Gedang Terpaksa Mengungsi

Longsor akibat pengikisan sungai air manjunto membuat 10 rumah warga Desa Lubuk Gedang terancam roboh--

MUKOMUKO RU.ID - Derasnya intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Mukomuko pada Sabtu (01/10), mengakibatkan musibah longsor yang terjadi di Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lubuk Pinang. Akibatnya tidak main-main, sebanyak 10 unit rumah warga terkena imbasnya sehingga mengakibatkan penghuninya tersebut tidak bisa lagi menempati tempat tinggal mereka dan terpaksa mengungsi ke rumah kerabat. 

Kepala Pelaksana (Kalasa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Jaduliwan menjelaskan, akibat derasnya intensitas hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya pengikisan badan sungai Air Majunto, sehingga membuat beberapa rumah warga terdampak musibah longsor. 

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi membuat terjadinya pengikisan badan sungai air manjunto sehingga hal tersebut menyebabkan longsor rumah warga, setidaknya saat ini 5 sampai 10 rumah yang terdampak. 

Diungkapkannya, tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor tersebut, akan tetapi masyarakat yang terdampak terpaksa harus mengungsi dan membawa harta benda mereka karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Apalagi diketahui pula jarak rumah warga dengan badan sungai sangat dekat.

BACA JUGA:Potensi Pelanggaran Pengadaan Bibit di Desa, DTPHP Bengkulu Utara Beri Penjelasan

"Saat ini mereka terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat, karena aliran sungai yang masih sangat deras," ungkapnya. 

Ditambahkan Jaduliwan, saat ini pihaknya terus melakukan kordinasi dengan BPBD Mukomuko serta beberapa pihak terkait lainya, untuk terus memantau perkembangan lokasi di jalan.

"Kita terus memantau dan berkordinasi. Saat ini di lokasi kejadian sudah dipasangi garis polisi agar tidak ada masyarakat yang mendekat," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: