Gali Potensi Desa, Tanjung Anom Latih Perangkatnya Susun RPJMDes

Gali Potensi Desa, Tanjung Anom Latih Perangkatnya Susun RPJMDes

Perangkat Desa Tanjung Anom mengikuti kegiatan penyusunan RPMJDes--

GIRI MULYA RU.ID - Sebagai tindak lanjut dari pembentukan Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Pemerintah Desa Tanjung Anom menggelar Pelatihan Penyusunan RPJMDesa selama dua hari yakni 14-15 September 2022 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tanjung Anom.

Kepala Desa Tanjung Anom, Tri Pujianti ketika membuka acara itu mengatakan, perencanaan pembangunan merupakan agenda utama dan krusial dalam yang dilakukan oleh pemerintah desa untuk perencanaan selama 6 tahun mendatang. Tujuannya, kata dia sebagai arah strategi pembangunan desa untuk mencapai tujuan pembangunan.

"Kami berharap tim penyusun yang sudah terbentuk ini dapat bekerja dengan baik, kemudian dilatih langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Tenaga Ahli (TA) dari kabupaten sehingga semua aspirasi masyarakat dapat terakomodir," ungkapnya.

Ia juga menegaskan, semua rencana kegiatan yang akan tertuang dalam RPJMDes berdasarkan kepentingan masyarakat dengan visi dan misi saat dirinya mencalonkan diri saat Pilkades lalu.

BACA JUGA:Penyalahgunaan BBM Subsidi, Polsek Putri Hijau Amankan 1 Ton Solar

"Tentu ini harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan hasil kajian nantinya," harapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli, Alfian selaku narasumber di hari kedua di pelatihan ini, menjelaskan perencanaan yang akan disusun oleh tim, harus sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat desa. Pasalnya, kata dia, serapan anggaran dana desa dan potensi pembangunan untuk mengacu PADes bisa dilaksanakan dengan perencanaan.

"Contoh kecilnya, penguatan lembaga di desa, sehingga selama ini lembaga belum aktif bisa difungsikan dengan baik. Mumpung masih tahap penyusunan, kepala desa terpilih memiliki kesempatan untuk menyusun kebutuhan masyarakat melalui RPJMDes," terangnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: