Ini Tanda Kesehatan Tubuh Dilihat dari Warna Urine

Ini Tanda Kesehatan Tubuh Dilihat dari Warna Urine

Arti warna urine--

RADARUTARA.ID - Jika diperhatikan sehari-hari, warna urine yang kita keluarkan seringkali berubah-ubah. Hal ini tak lepas dari kondisi tubuh kita di saat itu. Setelah melihat warna urine, seseorang sebenarnya bisa segera mengambil tindakan, apa yang harus dilakukannya untuk membuat tubuh kembali normal.

Salah satunya ketika warna kuning pekat. Anda bisa segera mengambil air yang cukup untuk diminum dan memenuhi kebutuhan air tubuh. Pasalnya, jika urine Anda berwarna kuning pekat, ini menandakan, tubuh mengalami dehidrasi, atau kekurangan air.

Lalu apa saja tanda yang lain? Dikutip dari Alodokter, berikut ulasannya :

1. Jernih

Warna urine jernih menandakan Anda cukup minum air putih. Meskipun hal ini dianggap baik, namun minum air lebih banyak daripada jumlah yang direkomendasikan dapat membuat Anda kehilangan elektrolit.

Warna urine yang jernih juga dapat menunjukkan gangguan hati seperti sirosis dan hepatitis. Jika Anda tidak minum banyak air, namun memiliki urine yang jernih, Anda disarankan memeriksakan diri ke dokter.

2. Kuning muda atau keemasan

Warna urine kuning keemasan menandakan Anda sehat dan cukup terhidrasi.

3. Kuning pekat

Warna urine kuning pekat umumnya disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi bila jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh lebih banyak dibandingkan jumlah cairan yang masuk.

4. Cokelat tua

Warna urine cokelat atau cokelat tua dapat menjadi tanda adanya masalah pada organ hati, ginjal, dan infeksi saluran kemih.

Urine berwarna cokelat tua bisa juga disebabkan oleh efek samping obat. Sejumlah obat yang dapat membuat warna urine menjadi cokelat tua adalah obat antimalaria, antibiotik, dan obat pencahar yang mengandung cascara atau senna.

5. Oranye

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: