Vaksinasi PMK di MSS dan PH Tunggu Petunjuk

Vaksinasi PMK di MSS dan PH Tunggu Petunjuk

Petugas Keswan Provinsi Bengkulu obati ternak yang terkena PMK--

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID - Vaksinasi penanggulangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak masyarakat di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) dan Kecamatan Putri Hijau masih menunggu petunjuk dari dinas terkait. 

Petunjuk itu diperlukan oleh petugas di lapangan lantaran ternak yang ada di dua wilayah kecamatan ini masuk di dalam kategori daerah wabah. Dan seluruh ternak yang bakal divaksin PMK di dua kecamatan itu umumnya sudah pernah terjangkit dan sembuh dari serangan virus PMK.

Sehingga, dikatakan Kepala Puskeswan Putri Hijau, Eri Zull, S.Pt, pelaksanaan vaksinasi PMK kepada ternak di dua kecamatan ini harus menunggu petunjuk teknis dari dinas. 

"Kalau untuk di daerah kategori bebas. Vaksinasi PMK sudah terlaksana. Tapi untuk di daerah kita sementara ini masih menunggu petunjuk. Karena daerah di wilayah kita masuk kategori wabah dan sebagian besar ternaknya sudah pernah terjangkit virus PMK. Sehingga perlakuan khusus dalam melaksanakan vaksinasi kepada ternak yang sudah pernah terjangkit virus PMK, ini harus mendapatkan petunjuk resmi dari dinas terkait," ungkapnya.

BACA JUGA:Ada 'Jatah Preman' Pengadaan Bibit Ketahanan Pangan di Kecamatan Kerkap

Ditegaskan Eri, vaksinasi PMK bisa diikuti oleh ternak jenis sapi maupun kerbau. Syaratnya, pada saat vaksinasi kondisi ternak dalam kondisi sehat atau sedang tidak sakit. 

"Intinya saat divaksin kondisi ternak harus sehat, tidak boleh sakit," tegasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: