Macet, Rekening Desa Tanjung Kemenyan Masih Dipegang Mantan Kades

Macet, Rekening Desa Tanjung Kemenyan Masih Dipegang Mantan Kades

--

NAPAL PUTIH RU.ID - Ada-ada saja ulah oknum mantan kepala desa di Bengkulu Utara. Jika sebelumnya ada yang membawa kabur dana desa Rp 500 juta. Kini terbaru, pemerintahan Desa Tanjung Kemenyan, Kecamatan Napal Putih, dikabarkan macet. Ini lantaran mantan kepala desa periode sebelumnya (2016-2022) tak kunjung menyerahkan rekening kas desa kepada kepala desa yang baru.

Tak hanya itu, laporan realisasi kegiatan periode sebelumnya pun hingga kini tak kunjung diterima oleh kepala desa yang baru.

Disampaikan Eri, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tanjung Kemenyan, menyikapi hal ini, Pemerintah Desa Tanjung Kemenyan sudah mengirimkan surat ke pemerintah Kecamatan Napal Putih, Inspektorat Bengkulu Utara dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM).

"Rekening desa belum diserahkan ke kades yang baru. Laporan pembangunan apa saja yang sudah direalisasikan juga belum disampaikan. Hal-hal ini menyebabkan pemerintahan desa yang baru tidak bisa berjalan. Upayanya sekarang ya berkirim surat," terangnya.

BACA JUGA:Parah! Mantan Kades di Bengkulu Utara Ini Bawa Kabur Dana BLT Rp 214 Juta

BACA JUGA:Komite SMAN 07 Bengkulu Utara Diduga Pungut Biaya Jutaan per Semester

Pihaknya berharap, upaya yang ditempuh ini mendapat tindakan segera dari para pihak pemangku kepentingan. Hal ini tak lain agar kepala desa yang baru dapat segera menjalankan pembangunan, sehingga warga desa tak menjadi korban atas aksi mantan kepala desa yang tak kooperatif ini.

"Dari surat tersebut diharapkan kendala-kendala yang membuat pemerintah desa sulit melangkah bisa mendapat solusi," pintanya.

Terpisah Camat Napal Putih, M Abduh Sadat, M.Pd, belum mengetahui persis terkait surat yang telah dilayangkan oleh Pemdes Tanjung Kemenyan. Namun demikian, Camat memastikan pihaknya akan mencoba mencari tahu permasalahan yang sedang terjadi di desa dan akan berusaha memfasilitasinya.

"Senin depan akan kita coba pertemukan antara kades yang lama dengan kades baru. Akan kita mediasi keduanya. Mudah-mudahan dengan langkah yang kita tempuh itu nanti. Apa yang saat ini menjadi kendala dan permasalahan di desa bisa disikapi secara bijak sehingga roda pemerintahan dan pembangunan di Desa Tanjung Kemenyan dapat berjalan maksimal," demikian Camat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: