Lirik dan Terjemahan Sholawat Allahummarhamna Bil Quran

Selasa 15-10-2024,18:22 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Membaca Alquran menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Dalam agama Islam, Alquran merupakan wahyu Allah yang menjadi pedoman utama bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan.

Bagi umat Muslim yang membaca ayat-ayat suci Alquran akan mendatangkan banyak pahala serta kebaikan. 

Tak hanya itu, membaca Alquran juga akan mendapat rahmat dan perlindungan malaikat, serta memberi syafaat di hari kiamat. 

Alquran terdiri dari 30 juz dan 114 surat. Seusai menyelesaikan atau mengkhatamkan semua surat di dalam Alquran, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa Allahummarhamna bil Quran. 

Bagi umat Muslim yang belum mengetahui doa tersebut, berikut ini bacaan Allahummarhamna bil Quran Arab, lengkap dengan latin dan artinya.

Allaahummarhamna bil Quran. Waj'alhu lii imaama wa nuran wa hudan wa rohman. Allaahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aaa-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu lii hujatan yaa rabbal 'aalamin.

Artinya: "Ya Allah rahmatilah kami dengan Alquran. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah, ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami, wahai Tuhan semesta alam."

Membacakan doa allahummarhamna bil quran mempunyai berbagai keutamaan. Adapun keutamaan membaca doa ini diantaranya sebagai berikut.

1. Memohon Kasih Sayang Allah SWT

Salah satu isi doa Allahummarhamna bil Quran merupakan memohon rahmat dan kasih sayang, yaitu meminta diberikan cahaya ketika dihadapi kegelapan atau kesuraman hidup kepada Allah SWT atas Alquran yang telah dibacanya secara lengkap.

2. Berharap Alquran Menjadi Rahmat

Membaca doa Allahummarhamna bil Quran merupakan meminta agar selalu memperoleh rahmat baik di dunia maupun di akhirat sesudai membaca semua ayat di dalam Alquran.

3. Meminta Rezeki

Dengan selesainya membaca Alquran yang dilanjutkan dengan membaca doa Allahummarhamna bil Quran menjadi sebab diberikan rezeki dari segala arah.

Sebagai umat Muslim, sangat dianjurkan untuk mengkhatamkan Alquran paling tidak dua kali dalam satu tahun. 

Kategori :