Pemdes Giri Kencana Realisasikan Bangunan Fisik DD Tahap II dan Salurkan 6 Bulan Program BLT-DD TA 2024

Senin 14-10-2024,14:26 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Percepatan dalam rangka penyerapan anggaran dan realisasi kegiatan pembangunan fisik bersumber dari dana desa (DD) tahap II TA 2024 tengah digeber oleh Pemdes Giri Kencana, Kecamatan Ketahun.

Konkretnya, pada Senin (14/10) hari, ini dengan dihadiri langsung Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, Kapolsek Ketahun, Iptu Khalid Wahyudi, SH, Danramil Ketahun, lembaga BPD beserta aparatur perangkat desa.

Pemdes Giri Kencana telah memulai titik nol sebagai langkah awal dimulainya beberapa pembangunan fisik yang telah menjadi skala prioritas di TA 2024 ini.

Ada pun, jenis bangunan fisik yang dikerjakan oleh Pemdes Giri Kencana di tahap II saat, ini meliputi pembuatan sumur bor sebanyak 4 titik, pelapis tebing 1 titik dan drainase 1 titik.

"Hari, ini bersama unsur Tripika kita lakukan musyawarah pra pelaksanaan dan dilanjutkan titik nol untuk mengawali pembangunan fisik yang kita agendakan di tahap II," ujar Kades Giri Kencana, Wahyudi.

Diungkapkan Kades, pembangunan fisik berupa sumur bor, pelapis tebing dan drainase ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa.

Karena beberapa item bangunan fisik yang direalisasikan oleh desa, ini dapat memberi dampak langsung kepada masyarakat.

"Dengan sumur bor kita ingin mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat. Begitu dengan bangunan pelapis tebing dan saluran drainase yang kita kerjakan di tahun, ini mudah-mudahan bisa mengamankan areal fasilitas umum masyarakat dari ancaman longsor dan bisa mengurai debit air yang masuk ke lingkungan masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi banjir khususnya disaat musim penghujan," pinta Kades.

Ditambahkan Kades, selain merealisasikan pembangunan fisik. Pada tahap II, ini pihaknya juga merealisasikan penyaluran program BLT-DD kepada 28 KPM yang berhak menerimanya. 

"Hari, ini kita juga salurkan kembali program BLT-DD untuk jatah selama enam bulan, yakni mulai dari bulan Mei sampai Oktober. Mudah-mudahan program BLT-DD yang kita salurkan, ini dapat memberi manfaat terhadap kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan, khususnya 28 KPM yang terdampak ekonominya," ujar Kades.


Penyaluran BLT DD--

Kategori :