TA 2024 Segera Berakhir, Tornas Kades Belum Terealisasi, Begini Kata Ketua APDESI Bengkulu Utara

Selasa 17-09-2024,13:03 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

BENGKULU UTARA, RADARUTARA.ID- Sebelumnya pemerintah daerah baik pihak eksekutif maupun legislatif telah memastikan.

Bahwa di tahun anggaran (TA) 2024, ini pemerintah daerah Bengkulu Utara telah menyiapkan anggaran khusus untuk pengadaan motor dinas (Tornas) kepala desa (Kades) se-Kabupaten Bengkulu Utara.

Bahkan menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id sebelumnya, pengadaan Tornas itu akan dieksekusi pada TA 2024, ini dengan sistem bantuan keuangan (Bankeu) kepada masing-masing desa.

Dimana, anggaran untuk Tornas yang dipersiapkan oleh Pemkab Bengkulu Utara itu akan ditransferkan langsung ke rekening setiap desa dan dibelanjakan oleh desa sesuai dengan spesifikasi kendaraan Tornas yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:Kenapa Belum Terima Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024? Simak Alasannya di Sini

BACA JUGA:TBG Didesak Segera Ganti Rugi Alat Elektronik Warga di Suka Maju yang Tersambar Petir

Namun sayangnya, hingga TA 2024 ini akan berakhir sinyal untuk mengeksekusi anggaran pengadaan Tornas dari Pemkab Bengkulu Utara ke pada masing-masing desa itu belum ketara.

Sementara jika anggaran Tornas itu jadi direalisasikan. Minimal di bulan September, ini setiap desa sudah ancang-ancang melakukan perubahan APBDes 2024 untuk menerima dan mengeksekusi anggaran Tornas tersebut.

Saat dikonfirmasi radarutara.id, Ketua APDESI Bengkulu Utara, M Japri, S.IP, memastikan, anggaran untuk pengadaan Tornas Kades se-Bengkulu Utara tersebut sudah dipersiapkan dan secepatnya akan dieksekusi sesuai komitmen pemerintah daerah di TA 2024 ini.

"Satu minggu yang, lalu kami sudah berkoordinasi dengan Asisten I dan BKAD Bengkulu Utara terkait pengadaan Tornas Kades tersebut. Insya Allah diantara bulan Oktober 2024 nanti, anggaran Tornas itu sudah bisa dieksekusi oleh masing-masing desa," ungkap Japri, Selasa (17/9).

BACA JUGA:Resep Infused Water dari Buah Leci yang Dijamin Bikin Ketagihan

BACA JUGA:Ternyata Tidak Makan Malah Bikin Kamu Tidak Kurus-kurus, Ini Penjelasannya

Sesuai rencana awal, kata Japri, pengadaan Tornas Kades Bengkulu Utara ini akan direalisasikan dengan sistem Bankeu.

Dimana setiap desa akan menerima dana Bankeu dari BKAD senilai anggaran Tornas yang sudah ditentukan.

Selanjutnya dana Bankeu itu akan dibelanjakan untuk Tornas oleh setiap desa sesuai spesifikasi kendaraan yang sudah ditentukan. 

Kategori :