Kubikel Gardu Hubung Giri Mulya Meledak, Listrik PLN Jalur Lebong - Arga Makmur Padam

Senin 08-07-2024,22:26 WIB
Reporter : Abdul Gafur
Editor : Septi Maimuna

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Suplai jaringan listrik PT PLN (Persero) jalur Lebong menuju Kota Arga Makmur, terganggu pasca terjadi kerusakan kubikel pada gardu hubung sebagai pengatur tegangan menengah di wilayah Giri Mulya meledak sejak Senin (8/7/2024) sore.

Dimana kubikel tegangan tersebut merupakan seperangkat peralatan listrik yang dipasang di dalam gardu Giri Mulya yang berfungsi sebagai pembagi, pemutus, penghubung, pengontrol dan pengaman dari sistem penyaluran tenaga listrik tegangan menengah.

Kepala PLN Unit Layanan Pelanggan (UPL) Arga Makmur, Ferry Adrianta mengatakan, komponen peralatan listrik berupa kubikal tegangan menengah meledak sekitar pukul 16.00 WIB dan telah diupayakan perbaikan oleh tim teknisi PLN Arga Makmur.

"Mohon maaf ada kerusakan peralatan listrik, kami masih mengusahakan secepat mungkin menormalkan jaringan," kata Ferry pada radarutara.id, Senin (8/7/2024) malam.

Disinggung soal upaya perbaikan untuk dilakukan penormalan arus, Ferry menjelaskan kerusakan pada kubikel menyebabkan sistem listrik di Giri Mulya, Padang Jaya dan sekitarnya saat ini masih mengalami pemadaman.

Sementara, tim sedang menunggu alat pengganti dan dalam waktu dua jam mendatang diperkirakan arus kembali normal.

"Memang saat ini masih padam. Namun, dalam dua jam kedepan kerusakan kubikel di gardu hubung Giri Mulya akan segera diganti dan arus kembali normal," bebernya.

Untuk mengurangi keluhan masyarakat, sebagian wilayah suplai jaringan dari Lebong dilakukan manuver arus dari Gardu Induk Suka Merindu.

"Kami minta waktu 2 jam perbaikan, nanti kalau belum normal diinformasikan kembali. Kemudian sebagian wilayah saat ini dimanuver arus dari kota, namun tegangan mengalami penurunan," terangnya. *

Kategori :