Orang Tua Wajib Tahu, Begini Cara Memeriksa History WiFi di HP yang Digunakan oleh Anak-anak

Kamis 20-06-2024,09:46 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, kita bisa dengan gampang melihat history WiFi yang dipakai oleh si kecil. Terkadang, ada sebagian orang tua yang sulit untuk memantau aktivitas anaknya ketika ber-internet lantaran memiliki kesibukan ataupun kegiatan lainnya.

Itu sebabnya, diperlukan sebuah cara supaya kita tetap bisa memantau aktivitas mereka ketika menggunakan Internet, untuk mencegah masuknya konten yang tidak baik bagi mereka. Salah satunya yaitu dengan mencari serta melihat history WiFi pada hp anak yang tentunya gampang untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat history penggunaan WiFi pada hp anak, diantaranya:

1. Melalui Browser

Metode paling gampang yang bisa dilakukan untuk melihat history WiFi yaitu dengan mengecek history pada browser, yakni dengan cara berikut ini:

- Buka browser yang terinstal pada gadget yang dipakai oleh anak

- Buka bagian pengaturan kemudian pilih history atau tekan ctrl + h (command + h pada Mac) secara bersamaan jika anak menggunakan laptop atau komputer.

- Kamu dapat melacak rekam jejak browsing anak sampai beberapa waktu ke belakang.

Satu hal yang harus dicatat yaitu adanya kemungkinan anak bisa menghapus history  pada browser sehingga kamu tidak bisa melacak history browsing mereka. Tetapi, kalau hal ini terjadi, kamu bisa memakai cara kedua yakni melalui router logs.

BACA JUGA:Waspada! Ini Modus Baru Judol di Indonesia, Kabarnya Gandeng Pihak Operator

2. Melalui Router Logs

Router Logs atau catatan router adalah rekam jejak penggunaan WiFi pada router. Kamu bukan cuma bisa melihat history browser saja, tetapi semua aktivitas anak saat memakai WiFi mulai dari untuk menonton, bermain, dan sebagainya bisa terekam dan tersimpan pada router logs. Cara untuk mengakses router logs yaitu sebagai berikut:

- Buka browser pada hp apapun (tidak harus memakai hp anak).

- Masukkan kode IP router pada kolom alamat website pada browser.

- Kamu dapat mencoba salah satu dari kedua nomor IP ini: 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.

- Masukkan akun pengguna atau kamu bisa mengosongkan bagian password untuk bisa melihat router logs.

Kategori :