Berikut Ciri-ciri Alam yang Menandakan Datangnya Malam Lailatul Qadar

Minggu 24-03-2024,04:51 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Malam Lailatul Qadar disebut malam 1000 bulan. Dan di dalam Lailatul Qadar pada Al-Quran dan As-Sunnah disebut memiliki nilai yang lebih baik dari 1000 bulan. 

Selanjutnya, malam Lailatul Qadar dikenal memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Siapapun yang melaksanakan ibadah pada malam ini akan mendapat pahala yang didapatkan lebih baik dibanding dari malam 1000 lubal itu. 

Sejumlah Muslim yang melaksanakan kebaikan di malam Lailatul Qadar dianggap telah mengerjakan kebaikan selama seribu bulan yakni sekitar 83-84 tahun.

Allah SWT sengaja merahasiakan malam Lailatul Qadar dari umat manusia sehingga hanya orang tertentu yang bisa memahami malam istimewa tersebut. 

Tapi, ada beberapa tanda Lailatul Qadar yang bisa kita cermati. 

BACA JUGA:8 Jenis Makanan Ini Bisa Gantikan Nasi Putih Saat Sahur

.Ciri-ciri Alam di Malam Lailatul Qadar

Dijelaskan Ustad Abdul Somad (UAS dalam detikKultum detik.com yang tayang di setiap hari Minggu 24 April 2022. Dan dijelaskan melalui laman Universitas Islam Aan Nuur, Lampung sebagai berikut. 

1. Cahaya Matahari Pagi Redup

Dalam ceramahnya UAS menyebut cahaya matahari pagi redup karena malaikat-malaikat turun (dari langit ke bumi hingga) cahayanya mengalahkan cahaya matahari. Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu." (HR Ahmad)

إن ليلة القدر ليلة سمحة طلقة لا حارة ولا باردة يطلع صبيحتها الشمس دائرة حمراء ليس لها شعاع

Artinya: "Sesungguhnya Lailatul Qadar adalah malam yang lembut, cerah, tidak panas dan tidak dingin. Pada pagi harinya matahari terbit bulat merah tanpa sinar." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Apakah Sikat Gigi di Siang Hari Bisa Batalkan Puasa? Berikut Penjelasan Buya Yahya

2. Malam yang Tenang, Damai, dan Tidak Panas

Tanda malam lailatul qadar yang kedua adalah malam itu dipenuhi dengan ketenangan yang lebih baik dari biasanya.

Kategori :