Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin di Bulan Sya’ban 2024, Lengkap dengan Tata Caranya

Senin 19-02-2024,03:04 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Senin 19 Februari 2024 bertepatan dengan 9 Sya’ban 1445 H dalam kalender Hijriyah. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan umat muslim untuk melakukan puasa sunnah Senin di bukan Sya’ban.

Puasa Senin merupakan amalan sunnah lantaran Nabi Muhammad SAW mengerjakan puasa tersebut. Senin adalab hari istimewa bagi sang nabi, sebab beliau lahir di hari tersebut dan di hari Senin juga memperoleh wahyu pertama kalinya.

"Nabi ditanya tengang puasa di Senin, beliau pun menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).

BACA JUGA:Leon Pamit, Bandar Chips Higgs Domino Gulung Tikar

Di lain sisi, Nabi Muhammad SAW juga gemar mengerjakan puasa di bulan Sya’ban. Dengan begitu, puasa Senin di bulan Sya’ban ada dua kesunnahan untuk diamalkan.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘… Rasulullah saw selalu berpuasa Sya’ban seluruhnya; beliau kerap berpuasa Sya’ban kecuali sedang sedikit saja’.” (HR Muslim).

Maksud dari melaksanakan puasa Sya’ban seluruhnya yaitu berpuasa pada sebagian besarnya. Sekian penjelasan Imam An-Nawawi dalam al-Majmû’ Syarhul Muhaddzab.

BACA JUGA:Tak Disangka! Rebusan Daun Sirsak Ternyata Memiliki 8 Manfaat Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Berikut ini ini panduan mengerjakan puasa Senin di bulan Sya'ban yang terdiri dari niat dan tata cara pelaksanaannya.

1. Niat

Waktu niat puasa sunnah Senin di bulan Sya’ban dimulai pada malam hari, yaitu sejak terbenamnya matahari hingga terbit fajar.

Jika lupa, niat puasa sunnah ini dapat dilakukan setelah subuh sampai menjelang dzuhur, dengan syarat tidak atau belum mengerjakan sesuatu yang bbisa membatalkan puasa sejak fajar sampai niat tersebut.

Berikut ini niat puasa Senin di bulan Sya’ban.

Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta‘âlâ."

Kategori :