Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Syaban, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Jumat 16-02-2024,03:03 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Puasa Syaban merupakan salah satu puasa sunnah yang disarankan untuk dilakukan oleh umat muslim di bulan Syaban. Untuk seorang muslim yang membutuhkan panduan dalam mengerjakan puasa sunnah tersebut, simak penjelasan tentang niat puasa Syaban beserta tata caranya dibawah ini.

Puasa Syaban merupakan puasa sunnah yang diamalkan di bulan Syaban. Diketahui bahwa puasa sunnah Syaban sangat disarankan untuk seorang muslim. 

Untuk seorang muslim yang ingin menjalankan puasa Syaban, dianjurkan untuk membaca doa niatnya terlebih dahulu. Untuk salah satu panduan, dibawah ini ada bacaan lengkap niat puasa Syaban:

Nawaitu shauma-sy-syahri-sy-sya'bani sunnata-lillahi ta'ala.

Artinya : "Saya berniat puasa pada bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala."

BACA JUGA:Suku Melayu, Salah Satu Suku Asli yang Mendiami Bengkulu

Lalu, bagaimana tata cara puasa Syaban yang bisa menjadi panduan untuk seorang muslim? Berikut ini tata cara selengkapnya:

1. Membaca niat puasa

Niat puasa Syaban bisa dibaca di dalam hati. Walaupun begitu, disunnahkan pula mengucapkan niat puasa Syaban dengan lisan.

Seperti puasa sunnah biasanya, niat puasa Syaban bisa dilafalkan sejak malam hari sampai sebelum masuk waktu zawal di siang hari.

2. Makan sahur

Selanjutnya seorang muslim bisa mrlakukan sahur yang disarankan menjelang waktu masuk subuh atau menjelang imsak.

3. Melaksanakan puasa

Sama seperti puasa biasanya, seorang muslim bisa menjalankan puasa mulai dari sesudab imsak sampai sebelum waktu berbuka tiba yang ditandai dengan suara adzan maghrib.

BACA JUGA:Kajian Gus Iqdam, Begini Cara Merawat Wajah Sesuai Ajaran Islam, Dijamin Cerah Alami dan Awet Muda

Kategori :