Jangan Dilewatkan, Ini Amalan Rasulullah SAW di Bulan Sya’ban, Bulan Penuh Berkah Bagi Umat Islam

Kamis 15-02-2024,03:30 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Tidak lama lagi kita akan  memasuki bulan suci Ramadhan. Namun sebelum itu ada sebuah bulan mulia dan penuh berkah bagi umat islam yaitu bulan sya'ban.

Bulan sya'ban merupakan waktu yang tepat untuk melatih diri dalam berpuasa sebelum menyambut Ramadhan. Dengan berpuasa sunnah dan meniatkan diri karena Allah SWT kita akan berusaha untuk melatih keimanan dan kekuatan kita untuk menghadapi Ramadan.

Bahkan dijelaskan puasa di bulan sya'ban termasuk menghormati bulan Ramadhan di mana nabi Muhammad SAW menjelaskan, “Puasa  Sya’ban itu untuk menganggungkan Ramadhan,” (HR At-Tirmidzi). 

Diterangkan pula bahwasanya puasa sya'ban merupakan anjuran yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, dijelaskan oleh Aisyah Ra bahwasanya, “Hanya di bulan Ramadhan Nabi Muhammad berpuasa satu bulan penuh dan saya tidak melihat Beliau sering puasa kecuali di bulan Sya’ban,” (HR Al-Bukhari). 

BACA JUGA:Tak Perlu ke Klinik Kecantikan Mahal, Wajah Glowing Sempurna Hanya dengan Minyak Zaitun, Begini Caranya

Dijelaskan oleh Syekh Nawawi Banten dalam Nihayatuz Zain menjelaskan sebagai berikut.

 الثاني عشر صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صلى الله عليه وسلم يوم القيامة

Artinya, “Macam puasa sunah yang kedua belas adalah puasa Sya’ban. Sebab Nabi Muhammad SAW sangat suka berpuasa pada bulan tersebut. Siapa saja yang berpuasa di bulan Sya’ban, ia akan memperoleh sya’faat di hari kelak.”

Sebagai umatnya tentunya mengikuti sunah-sunah nabi merupakan keharusan bagi kita, sebab mengikuti sunnah nabi merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada Baginda nabiyullah Muhammad SAW. Selain itu berpuasa di bulan sya'ban juga akan melatih kita untuk kuat menjalani puasa di bulan Ramadan nantinya.

Di bulan sya'ban ini pula menjadi momen paling tepat bagi wanita-wanita yang belum mengqadha puasa Ramadan tahun sebelumnya, jangan sampai puasa yang tahun lalu belum lunas tapi telah memasuki bulan Ramadan lagi. Oleh sebab itulah penting bagi kita untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadan dengan membiasakan berpuasa di bulan sya'ban.*

Kategori :