Ketahui, Ini 5 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab, Bisa Mendapat pahala Setara Ibadah 900 tahun

Rabu 17-01-2024,03:37 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Salah satu amalan yang sering dilakukan oleh umat muslim di bulan Rajab yairu puasa Rajab. Puasa ini alangkah baiknya dikerjakan bertepatan dengan hari-hari utama, contohnya pada ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, dan 15), di hari Senin, Kamis, dan Jumat di bulan Rajab.


Mengerjakan puasa Rajab sebulan penuh menurut beberapa sahabat hukumnya makruh pasalnya dianggap menyerupai puasa Ramadhan. Tetapi, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa berpuasa penuh di bulan Rajab malah menjadi keutamaan tersendiri, terutama bagi orang-orang yang memang dinilai kuat berpuasa selama sebulan penuh. Mereka tidak mempunyai riwayat kekhawatiran terganggu kesehatan fisiknya, contohnya sakit dan lain sebagainya.
Berpuasa di bulan Rajab, selain memang menjadi anjuran agama, puasa ini juga mempunyai beberapa keutamaan atau manfaat. Hal ini juga yang menjadi spirit tersendiri untuk umat Islam dalam mengistikamahkan amalan berpuasa Rajab, baik cuma beberapa hari maupun sebulan penuh.

Adapun beberapa keutamaan berpuasa Rajab diantaranya:

1. Mendapat pahala setara berpuasa 30 hari

Bagi siapa yang berpuasa 1 hari di bulan-bulan yang dimuliakan, seperti di bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab, maka ia akan memperoleh pahala puasa 30 hari.

2. Mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun

Bagi siapa berpuasa selama 3 hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, niscaya Allah balas setiap 1 harinya dengan pahala setara ibadah 900 tahun.

3. Mendapat pahala setara berpuasa selama 60 bulan

Bagi siapa yang berpuasa pada tanggal 27 Rajab, maka Allah mencatatnya seperti orang yang berpuasa selama 60 bulan.

4. Mendapat ganjaran surga di akhirat

Umat muslim yang mengerjakan puasa di bulan Rajab, niscaya memperoleh balasan surga di akhirat kelak.

"Sesungguhnya di surga ada sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih dibandingkan susu dan rasanya lebih manis daripada madu. Bagi siapa puasa sehari pada bulan Rajab, niscaya ia akan dikaruniai minum dari air sungai tersebut."

5. Lebih utama daripada puasa di bulan lain

Satu hari berpuasa di bulan haram seperti bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab, lebih utama dibandingkan berpuasa 30 hari di bulan selainnya. Satu hari berpuasa di bulan Ramadhan, lebih utama dibandingkan 30 hari berpuasa di bulan haram.

Kategori :