Tampung Aspirasi Warga, Pemdes Suka Mulya Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2025

Rabu 20-12-2023,20:22 WIB
Reporter : Abdul Gafur
Editor : Septi Maimuna

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Pemerintah Desa Suka Mulya, Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2025 di aula kantor desa, Rabu (20/12/2023).

Acara tersebut merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati usulan Bidang Pembangunan, Bidang Ekonomi serta Bidang Sosial kepada pemerintah.

Lantaran Dana Desa yang ada di Desa Suka Mulya tidak mencukupi untuk membangun infrastruktur dan program peningkatan ekonomi masyarakat, maka dilakukan Musrenbangdes dan hasilnya diusulkan ke Pemerintah.

"Perlu  kami jelaskan, bahwa dana yang kita gunakan untuk pembangunan 2024 belum mampu mengakomodir permintaan warga, melalui kegiatan Musrenbangdes ini, maka usulan warga kita serahkan ke Kabupaten,"Jelas, Kepala Desa Suka Mulya, Nirmi.

Dalam kesempatan itu, Nirmi juga menyampaikan harapannya kepada Camat Giri Mulya yang hadir di Musrenbang Desa setempat, kiranya dapat membantu dan mengawal hasil usulan-usulan masyarakat desa Suka Mulya untuk dapat terealisasi ditahun 2025 nanti.

"Setidaknya ada 9 item prioritas usulan dari masyarakat Suka Mulya, kami harap kepada pemerintah agar bisa direalisasikan melalui APBD Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2025 mendatang,"pintanya.

Di tempat yang sama, Camat Giri Mulya, Drs Asto Budi Darmanto menyampaikan terima kasih atas undangan Kepala Desa di kegiatan Musrenbang Desa tahun 2023 ini.

Kegiatan Musrenbangdes dilaksanakan secara serentak dimasing-masing desa pada bulan Desember. Dan Terencana sesuai jadwal dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Dengan begitu, hasil Musrenbang ditingkat desa tersebut, akan dilakukan musyawarah ditingkat kecamatan, Tingkat Kabupaten dan Provinsi.

"Kami ucapkan terimakasih, atas undangan Pemdes Suka Mulya, juga atas antusias warga dalam menghadiri Musrenbang ini," ucapnya. 

Camat berpesan, dalam menyampaikan usulan dan dirumuskan melalui Musrenbangdes, agar masyarakat tidak bosan, meski ditahun sebelumnya belum semua direalisasikan, namun sebagai wakil dari masyarakat untuk terus berupaya.

"Kita sadar betul, bahwasanya kekuatan anggaran yang dimiliki daerah sangat terbatas, namu kita jangan pernah menyerah untuk tetap mengusulkan program kepada pemerintah,"katanya.

Pihaknya berjanji akan berupaya mengawal usulan-usulan warga dilingkungan Kecamatan Giri Mulya ditingkat Musrenbang Kabupaten. Agar supaya usulan tersebut dapat direalisasikan di tahun 2025 mendatang.

Kategori :