Tembok Lembap dan Mengelupas? Jangan Khawatir, Coba Lakukan 5 Cara ini

Kamis 04-01-2024,12:42 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Sering kali kita temukan tembok rumah dalam kondisi lembap dan mengelupas. Kondisi ini bisanya sering ditemui ketika musim hujan. Tapi tidak usah khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tembok Lembap dan mengelupas ini. 

Kelembapan rawan terjadi di dalam areal rumah, khususnya saat memasuki musim hujan. Dan kelembapan, itu membuat dinding rumah rusak hingga mengakibatkan cat dinding rusak. 

Sekilas tembok yang lembap tidak terlihat terlalu berbahaya. Kelembapan yang terjadi sering dianggap hanya membuat rumah menjadi dingin dari biasanya. Padahal, kondisi tembok yang lembap itu bisa mengakibatkan jamur dan berbahaya bagi kesehata.

Dalam kondisi lembap, air akan mengikis struktur bangunan hingga membuat lingkungan yang semula sempurna menjadi jamuran. 

BACA JUGA:Kuota Pupuk Subsidi di Bengkulu Turun, Jokowi Siap Tambah Anggaran Rp14 Triliun

Cara Mengatasi Tembok Lembap dan Mengelupas

Dengan bahaya-bahaya yang bisa ditimbulkan. Maka tembok yang dalam kondisi lembap tidak bisa dianggap sepele. Anda bisa mengikuti beberapa cara ini untuk mengatasi tembok Lembap dan mengelupas. Berikut ini rangkumannya:

1. Cari Penyebab Tembok Lembap

Ada tiga jenis penyebab tembok lembap yang paling umum. Kondensasi adalah penyebab paling umum.

Selain itu, usia rumah yang tua juga dapat meningkatkan kelembapan. Kelembapan bisa naik dari tanah dan masuk ke dalam fondasi lantai dasar.

Penyebab selanjutnya adalah kelembapan yang tembus ke dalam. Kondisi ini paling sering terjadi di musim hujan, salah satunya dipicu oleh kebocoran.

BACA JUGA:Korban Hanyut Belum Ditemukan, Posko Pencarian Didirikan di Kantor Camat

2. Pasang Dehumidifier

Coba pasang dehumidifier di rumah. Pemasangan dehumidifier dapat membantu mengusir kelembapan di dalam ruang.

Cara ini biasanya berlaku jika kondensasi menjadi penyebab tembok yang lembap. Kehadiran dehumidifier perlahan bakal bikin dinding kembali normal.

Kategori :