Anti Gagal, Ternyata Ini 5 Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias Agar Tumbuh Subur

Kamis 14-12-2023,19:52 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

3. Cocopeat

Cocopeat atau sabut kelapa merupakan media tanam yang mudah ditemukan dan dapat digunakan kembali. Media tanam ini memiliki sifat yang ringan dan porous, sehingga dapat menyimpan air dan udara dengan baik.

Cocopeat terbuat dari serat-serat sabut kelapa yang telah dikeringkan. Serat-serat ini memiliki rongga-rongga yang dapat menyimpan air dan udara. 

Cocopeat juga memiliki sifat yang steril, sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit. Jenis tanaman hias yang cocok ditanam di cocopeat antara lain anggrek, kaktus, dan berbagai jenis tanaman hias lainnya.

BACA JUGA:Rekomendasi 6 Minuman khas Bengkulu yang Wajib Dicoba Wisatawan, Enak dan Menyehatkan!

4. Pasir

Pasir merupakan media tanam yang cocok untuk jenis tanaman hias yang membutuhkan drainase yang baik, seperti kaktus, sukulen, dan berbagai jenis tanaman hias lainnya. Pasir memiliki tekstur yang tidak mampu memegang air terlalu banyak, sehingga media tanam akan bersifat kering dan tidak membuat air menggenang. 

Namun, pasir miskin unsur hara, sehingga perlu ditambahkan unsur hara dengan cara melakukan pemupukan. Jenis tanaman hias yang cocok ditanam di pasir antara lain kaktus, sukulen, dan berbagai jenis tanaman hias lainnya.

5. Arang kayu

Arang kayu merupakan media tanam yang steril karena berasal dari sisa pembakaran kayu. Arang kayu memiliki sifat yang porous, sehingga dapat menyimpan air dan udara dengan baik.

Arang kayu terbuat dari kayu yang telah dibakar hingga menjadi arang. Arang kayu memiliki sifat yang steril, sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit. 

Arang kayu juga dapat membantu menyerap kelebihan air dan zat-zat beracun di dalam media tanam. Jenis tanaman hias yang cocok ditanam di arang kayu antara lain anggrek. Dengan memilih media tanam yang tepat, tanaman hias Anda akan tumbuh dengan baik dan subur.*

Kategori :