5 Makanan Ini Bikin Panjang Umur, Bahkan Tercantum Jelas di Dalam Al-Qur’an

Senin 04-12-2023,10:33 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Usia memang menjadi rahasia Tuhan. Walaupun demikian, kita juga harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat supaya tidak mati muda.

Ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa penuaan seseorang ternyata tidak terlalu dipengaruhi oleh genetika. Proses penuaan akan tergantung pada kendali seseorang atas dirinya sendiri terutama pada pola makan.

Kuncinya yaitu menghindari makanan olahan yang mengandung lemak, gula, dan natrium tidak sehat yang bisa menyebabkan bermacam masalah kesehatan.

Makanan yang mengandung banyak fitokimia dan flavonoid, yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikarsinogenik buaa membantu seseorang memiliki umur panjang dan lebih sehat.

BACA JUGA:Bacakan Setelah Sholat, Ini Doa Meminta Keselamatan dan Tolak Bala

Lalu, apa saja makanan yang bisa membuat panjang umur dan badan sehat bugar? Berikut ini deretan makanannya:

1. Kunyit

Kunyit merupakan bahan makanan yang mengandung kurkumin, yaitu senyawa bioaktif dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Efek anti-inflamasi yang dihasilkan oleh kurkumin bisa mengurangi peradangan kronis yang biasanya akan terjadi ketika penuaan.

2. Minyak Zaitun

Orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari, akan mengalami risiko kematian yang 19 persen lebih rendah.

Ada sebuah studi yang mengatakan, setiap orang yang mengkonsumsi minyak zaitun mempunyai risiko 29 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit neurodegeneratif, 19 persen lebih rendah menderita penyakit jantung, dan 17 persen lebih rendah meninggal akibat terkena kanker.

Zaitun sendiri disebutkan sebanyak tujuh kali di dalam Al-Qur'an. Hal ini bisa menunjukkan betapa pentingnya buah tersebut dalam sejarah perkembangan agama Islam.

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran menjelaskan tentang buah-buahan yang wajib dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menawarkan minyak dan bumbu untuk dimakan.

BACA JUGA:Jangan Kerokan Melulu! Begini Cara Ampuh Atasi Masuk Angin

3. Teh Hijau

Kategori :