12 Bacaan Dzikir Pagi dan Petang yang Bisa Mengubah Jalan Hidupmu Menjadi Lebih Baik, Wajib Amalkan

Jumat 27-10-2023,00:33 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

12. Membaca dzikir berikut tiga kali

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'uudzu bikalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya."

BACA JUGA:7 Kategori Orang yang Tidak Sah untuk Dijadikan Sebagai Imam Shalat, Wajib Tahu Supaya Ibadah Tidak Sia-Sia

Perintah untuk berdzikir sendiri terdapat dalam Alquran surah alahzab ayat 41 sampai 42 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42)

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang."

Selain itu dalam Alquran surah al-kahf ayat 39 juga terdapat perintah untuk berzikir:

فَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ ٱلشَّمْسِ وَقَبْلَ ٱلْغُرُوبِ

Artinya: "Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji."

Dalam hadis nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam Dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu majlis yang di dalamnya menyebut (dzikir) nama Allah, melainkan malaikat mengepungnya dalam rahmat menyelimutinya, dan Allah menyebut mereka sebagai golongan yang berada di sisi-Nya." (HR Muslim).

BACA JUGA:Berikut Cara Lengkap Sadap WA dari Jarak Jauh Tanpa Ketahuan, Tak Perlu Scan Barcode

Para ulama memiliki pandangan masing-masing dalam menetapkan waktu terbaik ketika membaca zikir di sore hari. Setidaknya terdapat empat pendapat yaitu:

1. Menurut Al Lajnah Ad Daimah dalam fatwa beliau dan Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baz, waktu terbaik mengamalkan dzikir adalah ketika matahari tergelincir ke barat sampai matahari tenggelam dan awal malam mulai  terlihat,

2. Imam Nawawi dalam Al Adzkar, Ibnu Taimiyah dalam Al Kalimut Thoyyib, Ibnul Wayyim dalam Al Wabilush Shoyyib, Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Salim As Safarini Al Hambali dalam kitab beliau Ghidza-ul Albaab li Syarh Manzhumatul Aadab, dan Sayyid Sabiq dalam Fiqhus Sunnah. Berpendapat bahwasanya zikir petang dimulai dari waktu ashar hingga magrib.

3. Waktu dzikir petang hari terbaik dimulai dari waktu Syawal sampai pertengahan malam. Pendapat ini disampaikan oleh as suyuthi.

4. Pendapat ke-4 menyebutkan bahwasanya dzikir petang dimulai sejak tenggelamnya matahari sampai terbitnya fajar atau waktu subuh pendapat ini dikeluarkan oleh Ibnul Jazari, Asy Syaukani, Ibnu Hajar Al Haitami, dan Syaikh Abul Hasan 'Ubaidillah Al Mubarakfuri 

Dari beberapa pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwasanya zikir petang terbaik adalah sejak tenggelamnya matahari hingga batas akhir salat isya atau pada pertengahan malam. Nah demikianlah tadi pembahasan kita mengenai dzikir petang yang patut kita amalkan. Perbanyaklah dzikir serta bermohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala agar senantiasa dilimpahkan Rahmat dan karunia dari Allah.*

Kategori :