Ini Shalawat yang Cocok Dibaca untuk Saudara Kita di Palestina, Amalkan Demi Keselamatan Umat Muslim

Jumat 27-10-2023,04:06 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Saking panasnya konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina, Habib Syekh bin Abdul Qadir Assegaf meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan warga Palestina.

“Mari bacakan shalawat asyghil untuk saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Dan untuk semua orang-orang yang terdzalimi semoga segera terangkat permasalahannya, serta kita selamat dari orang-orang yang dzalim,” ucapnya. 

Adapun Bacaan Shalawat Asyghil yaitu:

Allahumma shalli 'alaa Sayyidinaa Muhammad Wa asyghilidz dzoolimiina bidz-dzoolimiin Wa akhrijnaa min baynihim saalimiin Wa 'alaa alihi wa shohbihii ajma'in.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zhalim agar mendapat kejahatan dari orang zhalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka, dan berikanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau."   

BACA JUGA:Ada Hujan Uang Satu Kontainer, Warga Auto Ngumpul

Imam Ja’far yang secara nasab adalah cucu dari Rasulullah saw, sering membaca shalawat asyghil dengan para jamaahnya ketika melakukan doa qunut subuh.

Shalawat tersebut muncul salah satunya saat ahlul bayt atau keturunan Nabi Muhammad saw sedang mengalami persekusi oleh Bani Umayyah, khususnya pada masa kepemimpinan Yazid bin Muawiyyah.

Kemudian Ja’far Ash-Shadiq membacakan shalawat asyghil. Dia berdoa supaya orang-orang zalim tersebut ribut sesama mereka sendiri.

Pembacaan shalawat asyghil juga terhubung kepada salah satu wali besar al-Habib bin Umar al-Hinduan Ba’alawy. Shalawat asyghil kerap dibacakan di Hadramaut daurah Masyayikh Yaman sampai saat ini.*

Kategori :