Umat Islam Wajib Tahu, Ternyata Ini Isi Wasiat Terakhir Rasulullah SAW Sebelum Meninggal

Selasa 24-10-2023,21:11 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Rabiul awal menjadi bulan kesenangan sekaligus bulan kesedihan bagi umat Islam, 12 rabiul awal merupakan hari kelahiran nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yang sekaligus menjadi hari wafatnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di usianya yang ke-63 tahun.

Menjelang wafatnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam beliau banyak menyampaikan pesan-pesan terakhir yang tertulis di dalam banyak sekali riwayat.

5 hari sebelum Rasulullah shallallahu alaihi wasallam wafat, tepatnya di hari Rabu, beliau mengalami sakit yang semakin parah dengan suhu tubuh yang semakin tinggi. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sempat tidak sadarkan diri beberapa saat, setelah beliau bangun lantas beliau bersabda

"Tuanglah air dari tujuh kantong air yang diisi dari berbagai sumur ke atas badanku. Mudah-mudahan aku sanggup keluar menemui orang-orang dan menyampaikan wasiatku kepada mereka."

BACA JUGA:Kota Kuno Al Ula, Tempat Paling Terkutuk di Bumi yang Pernah Dihindari Oleh Rasulullah SAW

Lalu beliau kemudian didudukkan serta tubuhnya disiram dengan air yang telah diminta tersebut. Setelah merasa tubuhnya menjadi lebih segar, lantas beliau kemudian masuk ke dalam masjid dan menyampaikan sejumlah wasiat.

Di antara wasiat beliau adalah sebagai berikut,

"Aku wasiatkan kepada kalian agar selalu bersikap baik kepada orang Anshar! Mereka adalah teman kepercayaan dan orang dekatku. Mereka telah menunaikan segala yang wajib mereka laksanakan dan yang tersisa hanyalah apa yang harus mereka terima. Oleh karena itu, sambunglah dengan baik apa yang datang dari orang baik mereka, dan maafkanlah orang yang tidak baik di antara mereka!"

BACA JUGA:Pergi Mancing Tapi Bikin Anak Istri Senang? Wisata Bendungan Air Nipis Bengkulu Selatan Solusinya!

Dalam riwayat lain beliau SAW bersabda,

"Orang-orang akan bertambah banyak, sementara orang-orang Anshar semakin menciut jumlahnya sehingga mereka umpama garam dalam makanan. Barang siapa di antara kalian mengurusi suatu perkara yang memudharatkan atau memberikan manfaat kepada seseorang, hendaklah ia menyambut (segala sesuatu yang datang) dari orang yang baik di antara mereka, dan memaafkan orang yang jahat di antara mereka." (HR Bukhari)

Kemudian Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya seorang hamba telah diperintahkan oleh Allah untuk memilih yang diberikan oleh Allah kepadanya, yaitu antara bunga dunia berapa pun yang disukainya atau apa yang ada di sisi-Nya. Maka hamba itu memilih apa yang ada di sisi Allah."

Dari terakhir sebelum berpulang ke Rahmatullah, nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam kemudian menyampaikan wasiat terakhirnya untuk senantiasa melaksanakan shalat. "Jagalah salat! Jagalah salat!" (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah)

BACA JUGA:Cara Mengembalikan WA Kena Hack Verifikasi 2 Langkah, Simak Ulasan Berikut ini, Dijamin Berhasil!

Kategori :