3 Amalan Sederhana yang Didoakan Oleh 70 Ribu Malaikat, Termasuk Menjenguk Orang Sakit

Minggu 08-10-2023,11:01 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Adapun amalan yang kedua adalah setelah salat hendaknya kita tidak menyegera pergi akan tetapi berzikir dan duduklah terlebih dahulu setelah melaksanakan salat.

Dengan kita melakukan hal tersebut maka malaikat akan bershalawat kepadanya serta berdoa atas keselamatan dunia dan akhirat. Seperti sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Ahmad:

Rasulullah SAW bersabda, "Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu di antara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat di mana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya. Para malaikat berkata, 'Ya Allah, ampunilah dan sayangilah ia." (HR. Ahmad)

BACA JUGA:Ini Dia Nama-Nama Lelaki yang Takut dengan Istri, Ada Hendra, Mail dan Agung

3. Menjenguk Sesama Muslim yang Sakit

Menjenguk sesama muslim yang sedang sakit merupakan sunnah yang diajarkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam rangka memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan.

Seperti yang tertera di dalam buku amalan kecil berpahala besar karya ustaz Arif Rahman, bahwa malaikat akan mendoakan orang muslim yang menjenguk Muslim lainnya yang sedang sakit. 

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berbunyi sebagai berikut:

"Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap di petik di dalam surga." (HR. Tirmidzi).*

Kategori :