3 Amalan Sederhana yang Didoakan Oleh 70 Ribu Malaikat, Termasuk Menjenguk Orang Sakit

Minggu 08-10-2023,11:01 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Malaikat merupakan makhluk suci yang diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dari cahaya serta tidak memiliki dosa dan salah.

Setiap doa-doa yang diucapkan oleh malaikat termasuk doa yang mustajab. Agar kita didoakan oleh malaikat maka kita perbanyaklah mengerjakan amalan-amalan baik. Tentunya sebagai seorang muslim kita mengetahui betul mengimani malaikat termasuk ke dalam rukun iman.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman kepada malaikat seperti yang tertera di dalam Alquran surah an-nisa ayat 136 berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا ١٣٦

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya (Nabi Muhammad), Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, dan kitab yang Dia turunkan sebelumnya. Siapa yang kufur kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, dan hari Akhir sungguh dia telah tersesat sangat jauh."

BACA JUGA:Rutin Membaca Sholawat Jibril, Bisa Membuat Rezeki Berlimpah Hingga Mimpi Bertemu Rasulullah

Dalam buku berkelana dengan malaikat karya Abdul Hamid Kisyik, nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda yang diriwayatkan oleh imam muslim:

أن تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Artinya: "Hendaklah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya serta Hari Kemudian dan hendaklah engkau beriman kepada Qadha dan Qadar, kebaikan maupun keburukannya." (HR Muslim)

BACA JUGA:Angkat Isu Mistis, 5 Mahasiswa UB Teliti Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Terdapat beberapa amalan yang apa yang apabila kita mengerjakannya maka kita akan mendapatkan doa dari malaikat. Adapun amalan yang didoakan oleh malaikat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tidur dalam Keadaan Suci

Tidur dalam keadaan suci maksudnya adalah sebelum tidur seorang muslim harus menjaga kesuciannya dengan menjaga wudhu. Serta terhindar dari hadas besar dan kecil ketika akan tidur. Diantara keutamaannya malaikat akan senantiasa menemani tidurnya, memohonkan ampunan sampai ia terbangun, dan menjaganya dari segala bahaya.

Seperti hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Tabrani:

"Sucikanlah badan-badan kalian. Semoga Allah menyucikan kalian karena tidak ada seorang hamba pun yang tidur malam dalam keadaan suci, melainkan satu malaikat akan bersamanya di dalam 'syi'ar' (segala sesuatu yang ada pada badan berupa pakaian atau yang lainnya). Tidak satu saat pun ia membalikkan badannya melainkan satu malaikat akan berkata, 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena ia tidur malam dalam keadaan suci." (HR. Thabrani)

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat, Baca Doa Ini Setelah Menerima Uang, Jika Ingin Rezeki Berlipat Ganda

2. Tidak Meninggalkan Tempat Sholat Setelah Sholat

Kategori :