Keutamaan Surat Al Waqiah, Baca Setiap Malam, Maka Kamu Tidak Akan Pernah Miskin

Senin 31-07-2023,06:00 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Surah al-waqi'ah ini juga bisa menjadi obat bagi orang yang sakit, dengan membacakannya di samping orang yang sedang mengalami sakit insya Allah Allah akan memberikan kesembuhan kepadanya.

Tidak hanya itu surah ini juga bermanfaat bagi seorang ibu hamil yang mana dipercaya jikalau ibu tersebut hendak melahirkan maka akan mempermudah proses persalinan bagi ibu tersebut.

BACA JUGA:Kisah Nyata, Wanita Miskin Ini Mendadak Jadi Kaya Raya Setelah Rutin Mengamalkan Sholawat Jibril

7. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Setiap manusia pasti memiliki tingkat keimanan yang naik turun, dengan selalu mengingat Allah dan senantiasa mengamalkan surah al-waqiah. Insya Allah Allah akan menjauhkan diri kita dari kekafiran. Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

 

8. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Jika kita rajin mengamalkan dan membaca surah al-waqiah, maka kita akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Hal tersebut sesuai dengan sabda rasulullah yang diriwayatkan oleh imam muslim.

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

BACA JUGA:15 Keutamaan Surat Al-fatihah, Sebagai Pembuka Pintu Rezeki, Meninggikan Derajat dan Melunaskan Hutang

9. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga

Selain keutamaan-keutamaan di atas tadi di saat kita membaca surah al-waqiah dan surah-surah lain di dalam Alquran. Maka kita akan memperoleh ketenangan jiwa dan batin meskipun kita tidak mengerti apa arti dalam bacaan tersebut. Hal tersebut sesuai dengan ucapan Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Oleh sebab itu dari banyaknya keutamaan yang telah kita sebutkan di atas marilah kita mulai untuk mengamalkan surah alwaqiah ini. Sebab dari betapa dahsyatnya keutamaan-keutamaan yang dapat kita peroleh dari rezeki yang halal dan kelapangan hidup dan kesembuhan apabila kita mengamalkannya.*

Kategori :