Retak Rambut di Dinding Rumah Ternyata 5 Hal Ini Penyebabnya, Jangan Dianggap Sepele

Minggu 23-07-2023,00:07 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Retak rambut merupakan suatu kondisi di dinding rumah yang mengalami keretakan dengan skala kecil dan halus. Kondisi ini terjadi di banyak bangunan rumah ataupun perkantoran. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan rumah menjadi retak, salah satunya yang akan kita bahas berikut ini.

 

1. Acian

Kualitas semen yang kurang baik serta komposisi antara campurannya yang kurang tempat dapat menimbulkan keretakan pada dinding sebuah bangunan. Selain itu jika menempatkan acian pada saat plasteran belum kerung akan semakin menimbulkan potensi retak rambut.

BACA JUGA:Harga Mobil Listrik Tesla Indonesia dan Malaysia Disebut Timpang, Bagaimana Perbedaannya?

2. Plaster

Usahakan saat mengaplikasikan acian pada dinding untuk memperhatikan tinggkat kelembapan pada plasteran. Usahakan palsteran tidak terlaku kering ataupun terlalu lembab. Hal itu bertujuan untuk memastikan plasteran bisa menempel pada dinding tembok.

 

3. Cat

Pilihlah cak yang berkualitas baik, jika kulitas cat yang buruk akan semakin menimbulkan resiko keretakan halus pada dinding tembok. Sebab cat dengan kualitas buruk memiliki daya rekat pada tembok yang kurang maksimal. Selain itu penggunaan cat yang berbeda untuk setiap lapisan juga dapat menimbulkan efek retakan pada dinding.

BACA JUGA:Menganut Kepercayaan Sunda Wiwitan, Suku Baduy tidak Diperbolehkan Kawin Cerai

4. Cuaca

Selain faktor di atas tadi, cuaca juga berperan dalam menciptakan retakan pada permukaan tembok. Sebab cuaca yang tidak menentu mengakibatkan pemuaian sedikit banyak pada dinding. Oleh karena itu gunakan lapisan cat yang baik untuk meminimalisir keretakan pada tembok rumah kita.

 

5. Permukaan tanah

Kategori :