Bahaya, Jadi Incaran Sengkolo, 4 Weton Ini Jangan Keluar Rumah Saat Malam 1 Suro

Selasa 18-07-2023,05:00 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Malam 1 Suro dikenal dengan bermacam mitos yang kental dengan hal mistis. Banyak orang yang meyakini terutama masyarakat Jawa, bahwa di Malam 1 Suro gerbang dunia gaib akan terbuka lebar.

Dikatakan pula, makhluk halus juga banyak berkeliaran di Malam 1 Suro ini. Sehingga ada banyak pantangan atau larangan yang tidak boleh dilanggar pada malam tersebut.

Contohnya dilarang untuk bepergian, dilarang menggelar pesta atau hajatan dan larangan lainnya. Apabila dilanggar, banyak yang yakin akan membawa kesialan bagi orang tersebut dan juga keturunannya.

Di tahun 2023 ini, peringatan 1 suro jatuh pada hari Rabu Legi atau Rabu manis di tanggal 19 Juli 2023.

BACA JUGA:Dianggap Sadis, Suku Dayak Pernah Memiliki Tradisi Memburu Kepala Manusia

Bagi pemilik weton-weton yang akan dibahas kali ini disarankan untuk tidak melakukan aktivitas ataupun kegiatan di luar rumah.

Yang artinya sedulur papat kelima pancernya itu sedang lemah keadaannya ataupun sedang tidak aktif. Ini dia daftar weton yang jadi incaran sengkolo pada Malam Satu Suro, yaitu:

Weton yang pertama harus waspada pada Malam 1 Suro yaitu weton Rabu Legi. Bagi pemilik weton ini diwajibkan untuk waspada.

Mereka yang berweton Rabu Legi disarankan untuk mengurungkan niatnya bepergian di hari tersebut kecuali dalam keadaan mendesak.

Karena weton ini disebut menjadi incaran sengkolo atau kesialan pada Malam 1 Suro.

BACA JUGA:Membahayakan Keselamatan Pengendara, Warga Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Weton kedua yang harus waspada lantaran jadi incaran sengkolo di Malam Satu Suro yakni Minggu Pon.

Selain weton Minggu Pon, orang yang berweton Minggu Wage juga diwajibkan wadpada di Malam 1 Suro nanti.

Karena hari pengapesan weton ini tepat pada 1 Suro.

Kemudian yang selanjutnya bagi pemilik weton Senin Wage juga dilarang untuk bepergian ketika Malam 1 Suro. Dari ketiga weton ini selain weton Rabu Legi yang bertepatan dengan satu suronya, ketiga weton ini tepat pada hari naasnya di bulan Suro.

Kategori :