Mengenal Lebih Jauh Pembunuh Diam-diam dalam Setiap Tarikan Nafas

Rabu 24-05-2023,10:07 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Rokok telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tentang bahayanya, rokok tetap menjadi pembunuh diam-diam yang mengintai di setiap tarik nafas.

Kesadaran yang kurang dari individu masyarakat atas bahaya rokok dan ketidak pedulian atas kesehataan, serta anggapan bahwa kematiann itu ada di tangan tuhan, hingga memunculkan pendangan dan stigma baru dalam masyarakat, bahwa rokok tidaklah semenyeramkan itu.

oleh sebab kurangnya kepedulian terhadap dampak yang akan dialami, hingga meningkatnya perokok aktif di tengah  masyarakat, dalam kalangan anak muda saja menganggap bahwa merokok itu dapat memunculkan sisi keren dari pandangan mereka.

BACA JUGA:Ini Tips Rejeki Lancar dan Hidup Bahagia Menurut Ustadz Abdul Somad

BACA JUGA:Jika Hatimu Sedih, Baca Doa Ini Untuk Menghapusnya, Dijamin Langsung Tenang

Stigma inilah yang menyebabkan banyaknya generasi muda yang terpengaruh dan ikut -kutan merokok. Pengaruh lingkungan yang tidak terkendali juga merupakan salah satu faktor tingginya perokok aktif baik itu kalangan muda maupun kalangan dewasa.

Jumlah perokok aktif indonesia semakin meningkat, dari hasil  Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021 saja yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terjadi penambahan jumlah perokok dewasa sebanyak 8,8 juta orang, yaitu dari 60,3 juta pada 2011 menjadi 69,1 juta perokok pada 2021, dan tidak menutup kemugkinan akan meningkat pada tahun ini. 

Dalam satu tarikan asap rokok itu mengandung berbagai zat kimia berbahaya, termasuk nikotin, karbon monoksida, tar, dan banyak lagi. Ketika seseorang merokok, zat-zat ini masuk ke dalam paru-paru dan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

BACA JUGA:5 Janda Cantik Ini Jadi Incaran Pria, Nomor 4 Masih Seperti Gadis Perawan

BACA JUGA:Mengenal Tempat Terkutuk di Arab Saudi, Bahkan Nabi Muhammad Ogah Singgah di Sana

Nikotin dalam rokok adalah zat adiktif yang membuat seseorang sulit untuk berhenti merokok. Paparan terus-menerus terhadap zat-zat berbahaya ini menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan banyak lagi.

Rokok juga memperburuk kondisi asma dan meningkatkan resiko infeksi pernapasan. Penyakit yang akan timbul oleh rokok ini merupakan penyakit yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan sampai ratusan juta biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang untuk sekedar berobat

Selain dampak merokok pada perokok aktif, merokok pasif juga merupakan ancaman serius bagi kesehatan. Orang yang terpapar asap rokok, terutama dalam lingkungan tertutup, juga berisiko mengembangkan penyakit serupa.

Anak-anak yang tinggal di rumah dengan perokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah pernapasan, infeksi telinga, dan mengalami perkembangan paru yang tidak normal. Merokok pasif juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada orang dewasa yang tidak merokok.

BACA JUGA:Pria Harus Tau! Selain Lebih Berpengalaman, Menikahi Janda juga Bisa Datangkan Banyak Rezeki

Kategori :