Cantik dan Kaya Manfaat, ini 12 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Wajib ada di Rumah Kamu

Selasa 25-04-2023,14:21 WIB
Reporter : Lia Junita

Tanaman hias lainnya yang dapat mengusir nyamuk adalah sage. Cara menggunakannya adalah bisa dikeringkan kemudian dicampur dengan air yang dapat digunakan untuk membuat semprotan serangga.

 

8. Catnip

Tanaman hias pengusir nyamuk ini mudah ditemukan karena banyak tumbuh di mana saja bahkan tergolong sebagai tanaman komersial dan gulma.

Sebuah penelitian di Iowa State University menyatakan bahwa tanaman ini sepuluh kali lebih efektif daripada DEET. Deet sendiri adalah bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar obat pengusir serangga.

BACA JUGA:Dini Hari Gempa 6.9 Magnitudo Guncang Mentawai Sumatera Barat

9. Basil atau Kemangi

Selain enak untuk lalapan ternyata daun kemangi juga bisa mengusir nyamuk. Aroma yang kuat dari daun kemangi sangat ampuh untuk mengusir serangga seperti nyamuk.

Untuk merawatnya, kamu harus menjaga kelembapannya, memperhatikan drainase yang baik, serta menyiapkan tempat dengan banyak sinar matahari.

 

10. Ageratum

Ageratum atau Floss flower merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik keunguan dengan serat putih yang mengelilinginya.

Selain cantik, tanaman ini bisa mengusir nyamuk karena mengandung senyawa kumarin, yaitu bahan kimia alami pengusir nyamuk yang beracun. Bagi kamu yang ingin menempatkan tanaman hias di dalam ruangan, pastikan tanaman ini jauh dari hewan peliharaan.

 

11. Allium

Tanaman hias allium termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang tidak disukai nyamuk, seperti halnya bawang putih dan bawang bombai karena mengeluarkan aroma kuat dan menyengat yang membuat nyamuk tidak suka.

Kategori :