Ingat 4 Hal Ini saat Terjadi Gerhana Matahari

Kamis 20-04-2023,04:56 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi

 RADARUTARA.ID - Hari ini Kamis (20/4/23), Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari hibrida yang merupakan tipe gerhana gabungan antara Gerhana Matahari sebagian dan Gerhana Matahari total. Namun, gerhana tersebut hanya bisa disaksikan di satu tempat dengan satu gerhana yang berbeda.

 

Karena hanya dapat menyaksikan satu jenis gerhana di satu tempat, seluruh bagian Indonesia timur bisa melihat Gerhana Matahari Total. Sementara daerah Indonesia lainnya kecuali ujung barat Sumatra, bisa melihat Gerhana Matahari sebagian.

 

Hanya saja, kamu perlu berhati-hati ketika terjadi gerhana matahari. Sebab, fenomena yang satu ini bisa menyebabkan kerusakan pada mata, lo! Untuk itu, RADARUTARA.ID telah merangkum panduan keselamatan selama menyaksikan gerhana matahari.

NASA juga memberikan panduan keselamatan yang penting untuk diikuti selama menyaksikan gerhana matahari, antara lain sebagai berikut:

 

1. Selalu menggunakan kacamata gerhana atau alat dengan filter matahari selama fase Gerhana Matahari sebagian atau sebelum memasuki fase Gerhana Matahari total.

2. Gerhana Matahari bisa disaksikan secara langsung dengan mata telanjang apabila posisi bulan sudah seluruhnya menutupi sinar matahari atau berada dalam fase Gerhana Matahari total.

3. Apabila sinar matahari kembali terlihat, segera pergunakanlah kembali kacamata gerhana atau alat filter matahari.

4. Selama menyaksikan gerhana matahari, kulit akan terpapar sinar matahari secara langsung dalam beberapa jam. Untuk itu, gunakanlah tabir surya, topi, dan pakaian pelindung untuk mencegah kerusakan kulit.

 

Lokasi dan Jadwal Gerhana Matahari Total

Untuk lokasi gerhana matahari total dalam gerhana matahari hibrida, berikut ini wilayahnya dan waktu terjadinya puncak gerhana, dalam WIT seperti dikutip dari keterangan BRIN.

* Pulau Kisar: 13.23.09

Kategori :