Menawarkan Keindahan Alam yang Masih Asri, Ini Sejarah Wisata Danau Dendam Tak Sudah di Bengkulu

Menawarkan Keindahan Alam yang Masih Asri, Ini Sejarah Wisata Danau Dendam Tak Sudah di Bengkulu

Menawarkan Keindahan Alam yang Masih Asri, Ini Sejarah Wisata Danau Dendam Tak Sudah di Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Provinsi Bengkulu memiliki satu danau dengan nama yang unik, yaitu Danau Dendam Tak Sudah.

Lokasi danau ini sendiri berada di Provinsi Bengkulu dan menjadi lokasi cagar alam yang menyajikan keindahan alam yang masih sangat asri.

Selain itu, lokasi ini menjadi tempat tinggal atau rumah bagi beberapa spesies tumbuhan dan hewan yang termasuk langka.

Seperti beberapa lokasi wisata yang mempunyai latar belakang atau legenda tersendiri, maka Danau Dendam Tak Sudah ini juga menyimpan latar belakang di balik namanya. 

Ada beberapa versi cerita yang menyelimuti nama danau ini sendiri. 

Yang pertama, konon katanya pernah ada duel antara dua buaya. 

Dari cerita yang beredar, buaya tersebut adalah buaya asal Bengkulu dengan buaya dari Lampung. 

Yang mana buaya asal Bengkulu ini kalah dalam pertarungan dan kehilangan ekornya. Sehingga menyebabkan buaya ini menyimpan dendam yang tak berkesudahan di danau ini.

Terlepas dari asal muasal terjadinya danau, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata saat berkunjung ke Bengkulu.

Bahkan, juga dipergunakan sebagai kawasan konservasi yang melindungi berbagai keragaman hayati, sumber air untuk irigasi, daerah cadangan air, hingga sebagai media pembelajaran alam untuk kepentingan ilmiah.

Ada beragam flora yang tumbuh di sekitar danau, seperti anggrek pensil, anggrek matahari, anggrek matahari, bakung, nipah, pulai, ambacang rawa, terentang, plawi, brosong, gelam, pakis, dan sikeduduk tercatat mendiami kawasan danau ini.

Kemudian, ada juga berbagai fauna yang bisa kamu temukan di sini, seperti kera ekor panjang, lutung, burung kutilang, babi hutan, ular phyton, siamang, siput, hingga beragam jenis ikan termasuk ikan langka seperti kebakung dan palau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: