Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Lengkap dengan Latin dan Artinya--

RADARUTARA.ID - Membaca sholawat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Salah satu jenis sholawat yang dapat dibaca yaitu sholawat Ibrahimiyah.

Berikut ini bacaan sholawat Ibrahimiyah dalam latin dan artinya.

Sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang kerap dibaca umat muslih, lantaran selalu dilafalkan ketika duduk tasyahud di dalam sholat.

Sholawat ini juga banyak diamalkan oleh para ahli, baik melalui lisan maupun tulisan.

Dilansir dari cnnindonesia.com, ada beberapa alasan nama Nabi Muhammad SAW disandingkan dengan nama Nabi Ibrahim As dalam sholawat ini:

1. Dianjurkan dibaca oleh umat Islam untuk balasan kebaikan Nabi Ibrahim.

2. Terwujudnya doa dari Nabi Ibrahim yang menginginkan sebutan baik untuk dirinya dari umat nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad saw.

3. Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim merupakan dua sosok bapak dalam Islam, yaitu aspek agama untuk Nabi Ibrahim dan aspek rahmat bagi Rasulullah.

4. Ajaran Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad serupa, yaitu mengajarkan untuk menunaikan ibadah haji dan mendekat dengan iman.

Sholawat Ibrahimiyah merupakan sholawat paling terkenal lantaran dibacakan minimal lima kali dalam sehari semalam setiap tahiyat akhir dalam sholat. 

Berikut ini bunyi bacaan sholawat Ibrahimiyah:

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita 'alaa sayyidinaa ibraahiima wa'alaa aali sayyidinaa ibrahiima, wabaarik 'alaa aali sayyidinaa muhammadin wa'alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta 'alaa sayyidinaa ibraahima wa 'alaa aali sayyidina ibraahima, fil 'aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: