5 Keutamaan Dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

5 Keutamaan Dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

5 Keutamaan Dzikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim--

Bagi siapa yang mengucapkan Subhanallah wabihamdihi sebanyak 100 kali dalam sehari, niscaya akan dihapuskan dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Dicintai Allah Swt

Allah menyukai umatnya yang selalu berdzikir dan selalu mengingat-Nya. Diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab r.a;

Dari Samurah bin Jundab ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada empat ucapan yang paling disukai Allah SWT; Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, Allahu Akbar. (HR. Muslim, no. 3985)

3. Memberatkan timbangan amalnya

Membaca dzikir ini akan memberi bekal timbangan amal kebaikan. Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,

Dua kalimat yang ringan di lisan, tapi berat di timbangan, dan disukai Ar Rahman yakni "Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil 'azhim" (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung). (HR. Bukhari no. 6682 dan Muslim no. 2694)

4. Menjadi bekal di hari kiamat

Dzikir ini mempunyao keutamaan jika dibaca setiap pagi dan petang. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

Bagi siapa yang mengucapkan Subhanallah wabihamdihi setiap pagi dan petang sebanyak 100 kali, maka tidak ada seorang pun yang lebih baik darinya di hari kiamat kecuali orang yang mengucapkan lebih banyak darinya. (HR. Muslim, no. 2692)

5. Mendapatkan ganjaran tanaman surga

Kalimat dzikir ini disebut akan setara dengan tanaman di surga yang diperuntukkan bagi kita. Sebuah hadis riwayat At Tirmidzi menyebutkan, Rasulullah Saw bersabda,

Bagi siapa yang mengucap Subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dengan segala puji bagiNya) ditanamkan sebatang pohon kurma di surga. (HR. At Tirmidzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: