Harimau Sumatera Masih Berkeliaran dan Mengincar Hewan Ternak Masyarakat, Ini Pesan BKSDA

Harimau Sumatera Masih Berkeliaran dan Mengincar Hewan Ternak Masyarakat, Ini Pesan BKSDA

Harimau Sumatera Masih Berkeliaran dan Mengincar Hewan Ternak Masyarakat, Ini Pesan BKSDA--

BENGKULU UTARA. RADARUTARA.ID- Diungkapkan oleh Kepala KPHK Sebelat, Asep, kendati intensitas kemunculan Harimau Sumatera di wilayah Kecamatan Napal Putih dan Kecamatan Pinang Raya sudah berangsur menurun.

Namun, Asep, meminta kepada masyarakat di dua kecamatan tersebut untuk tetap waspada. Ini, karenakan menurut Asep, individu Harimau Sumatera tersebut masih ada dan berkeliaran di dalam radius yang tidak terlalu jauh dengan areal perkebunan milik warga.

"Mereka (Harimau Sumatera) masih terpantau berkeliaran dan mengintai hewan ternak," ujar Asep, Senin (2/9).

BACA JUGA:Masyarakat dan Perusahaan Diminta Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolsek: Jangan Ada Oknum yang Merusak

BACA JUGA:Tanpa Sertifikat TOEFL, Ini Deretan Kementerian Sepi Peminat CPNS 2024, Gaji Hingga Rp9 Juta per Bulan

Atas kondisi tersebut, Asep, mengimbau kepada masyarakat agar tidak melepas atau meliarkan hewan ternaknya.

"Kalau bisa masyarakat yang punya hewan ternak baik kambing maupun sapu, jangan diliarkan atau dilepas, dikandang saja. Dan agar lebih efektif, sebaiknya kandang ternak masyarakat bisa dipasang atau dikelilingi dengan kawat duri. Karena pemasangan pagar jawat berduri di sekeliling kandang ternak sangat efektif untuk mencegah Harimau memasang hewan ternak," imbaunya.

Di sisi lain, Asep, menerangkan bahwa sampai saat ini total ada tiga perangkap yang sudah dipasang oleh BKSDA dan KPHK Bengkulu kepada wilayah Kecamatan Napal Putih dan Kecamatan Pinang Raya. Dan ketiga perangkap tersebut masih dalam pemantauan secara rutin oleh pihaknya.

"Tiga perangkap masih terpasang dan kita pantau setiap harinya. Selanjutnya dalam waktu 10 hari kedepan keberadaan tiga perangkap itu akan kita evaluasi kembali," demikian Asep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: