Arti Kata Tabarakallah dan Waktu yang Tepat untuk Mengucapkannya

Arti Kata Tabarakallah dan Waktu yang Tepat untuk Mengucapkannya

Arti Kata Tabarakallah dan Waktu yang Tepat untuk Mengucapkannya--

RADARUTARA.ID - Ungkapan tabarakallah saat ini sering diucapkan oleh umat muslim kepada sesama saat melihat suatu hal yang menakjubkan.

Umumnya, ucapan ini diikuti dengan masya Allah menjadi 'masya Allah, tabarakallah.' Tetapi, apa arti tabarakallah itu sendiri?

Kalimat tabarakallah mempunyai arti 'Maha Suci Allah' dalam bahasa Arab, seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com.

Kata tabarakallah adalah ungkapan yang biasa dipakai oleh umat muslim untuk memperlihatkan kekaguman atau penghargaan atas keindahan dunia atau apa pun yang ditemukan di luar kebiasaan.

Ungkapan ini diucapkan sebagai bentuk kekaguman maupun pujian kepada Allah SWT lantaran sudah menciptakan hal-hal yang luar biasa tersebut.

Seusai mengetahui arti tabarakallah, lalu kapan waktu mengucapkan tabarakallah?

Sesungguhnya tabarakallah bisa diucapkan kapan pun saat unat muslim melihat hal-hal yang mengagumkan dan ingin memuji Allah SWT atas ciptaan-Nya.

Penggunaan kata tabarakallah serupa dengan masya Allah yang bermakna 'Sesuatu yang dikehendaki Allah'. 

Tetapi, tidak ada penggunaan kata yang lebih baik di antara keduanya.

Karena keduanya sama-sama baik. 

Tak hanya itu, umat muslim juga bisa menggunakan keduanya secara bergantian maupun bersamaan menjadi masya Allah, tabarakallah.

Umumnya, ungkapan 'masya Allah, tabarakallah' dipakai saat melihat atau merayakan kegembiraan, seperti kelahiran bayi dan juga kabar baik lainnya.

Tak hanya itu, juga bisa dipakai saat menyampaikan ucapan terima kasih kepada sesama lantaran diberi pertolongan dan kemudian mendoakan nya kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: