Hati-hati, 4 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Bruntusan!

Hati-hati, 4 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Bruntusan!

Hati-Hati, 4 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Bruntusan!--

RADARUTARA.ID- Bruntusan, atau bintik-bintik kecil yang muncul di permukaan kulit, sering kali menjadi masalah kulit yang mengganggu. 

Biasanya, bruntusan muncul sebagai benjolan kecil berwarna merah atau putih yang bisa muncul di berbagai area tubuh, terutama di wajah. 

Walaupun terlihat sepele, bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

1. Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori yang tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, atau kotoran dapat menyebabkan bruntusan.

Ketika pori-pori terhambat, kelenjar sebaceous tidak dapat mengeluarkan minyak secara efektif, yang menyebabkan peradangan sehingga muncul bruntusan.

Bagi kamu yang sering menggunakan makeup dalam kegiatan sehari-hari, maka sangat penting sekali bagi kamu untuk menjaga kebersihan wajah dengan melakukan double cleansing agar memastikan wajah benar-benar bersih. 

2. Konsumsi Makanan Berlemak dan Manis

Makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh dapat mempengaruhi produksi minyak di kulit. Mengkonsumsi makanan tinggi lemak dapat merangsang kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga berpotensi menyebabkan timbulnya bruntusan.

Makanan manis dan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi (seperti gula, roti putih, dan makanan olahan) dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Lonjakan gula darah ini dapat memicu pelepasan insulin yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan bruntusan. 

3. Stres dan Kurang Tidur

Stres yang tinggi dan kurang tidur dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan bruntusan.

Stres dan kurang tidur dapat memicu produksi minyak berlebih dan memperburuk kondisi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: