Umat Muslim Merapat! Bacakan Doa Ini Saat Melihat Pertanda Buruk

Umat Muslim Merapat! Bacakan Doa Ini Saat Melihat Pertanda Buruk

Umat Muslim Merapat! Bacakan Doa Ini Saat Melihat Pertanda Buruk--

RADARUTARA.ID - Semua orang tentu tak ingin ada hal buruk yang menimpanya. Tetapi demikian, hal buruk bisa saja menimpa seseorang sewaktu-waktu, dimana saja dan kapan saja, bagi siapapun.

Nabi Muhammad SAW mendidik para sahabatnya supaya bersikap wajar saat melihat sebuah pertanda buruk.

Dilansir dari serayunews.com, Rasulullah telah mengajarkan doa yang memperlihatkan bahwa kebaikan dan keburukan tersebut berada di tangan Allah SWT, bukan ditentukan oleh sebuah pertanda buruk. 

Rasulullah SAW mengajarkan doa sebagai berikut saat kita melihat sebuah pertanda buruk:

Allahumma lâ ya’tî bil hasanâti illâ anta, wa la yadzhabu bis sayyi’âti illâ anta, wa la haula wa lâ quwwata illâ billâh (i)

“Ya Allah, tidak ada yang dapat mendatangkan kebaikan kecuali Engkau, dan tidak ada yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Doa ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, Abu Nuaim, dan Ibnus Sinni. 

Imam An-Nawawi menyebutkan riwayat Ibnus Sinni dari Uqbah (Urwah) bin Amir Al-Juhani RA bercerita, suatu hari Rasulullah ditanya tentang pertanda buruk. 

Ia menjawab, “Paling benarnya adalah pertanda baik. Sedang pertanda buruk tidak bisa menolak seorang muslim. Kalau kalian melihat pertanda (buruk) yang kalian tidak sukai, maka hendaklah membaca, ‘Allāhumma lā ya’tī bil hasanāti illā anta, wa lā yadzhabu bis sayyi’āti illā anta, wa lā hawla wa lā quwwata illā billāhi,’ ” (An-Nawawi, Al-Adzkar.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menegaskan bahwa sebuah pertanda buruk tidak bisa menolak atau membelokkan dari maksud baik seorang muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: