Tidak Ada Lagi Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA, Ini Gantinya

Tidak Ada Lagi Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA, Ini Gantinya

Tahun ini jurusan IPA dan IPS di jenjang SMA akan dihapuskan--

RADARUTARA.ID- Kebijakan Kemendikbud RI menghapus jurusan IPA, IPS dan Bahasa di lingkungan sekolah tingkat SMA turut dibenarkan oleh sejumlah kepala sekolah (Kepsek). Saat, ini menurut Kepsek SMAN 16 Bengkulu Utara, Agus Wagito, M.Pd, dengan dilakukannya penghapusan ketiga jurusan, itu maka siswa/i kelas XI dan XII bisa memilih jurusan yang lebih spesifik sesuai minat dan bakatnya.

"Dengan diberlakukan kebijakan tersebut, maka siswa kelas XI dan XII yang sekolahnya sudah menggunakan Kurikulum Merdeka bisa memilih mata pelajaran secara lebih leluasa sesuai minat, bakat dan kemampuannya," kata Agus, Jumat (19/7).

"Jadi, untuk siswa yang misalnya nanti ingin melanjutkan ke kedokteran akan kita kelompokan dan kita berikan pelajaran sesuai bakat, minat dan tujuannya itu. Bedanya tidak ada lagi jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Intinya pelajaran yang diberikan sekolah sesuai kebutuhan siswa kemana nantinya mau melanjutkan pendidikannya," imbuhnya.

BACA JUGA:Pemdes Suka Negara Bagikan 10 Ekor Sapi Program Ketahanan Pangan ke Masyarakat

Sedangkan lanjut Agus, untuk siswa/i kelas X yang baru masuk SMA akan diberikan mata pelajaran umum atau mengacu ke kurikulum 13.

"Sekolah di wilayah kita Bengkulu Utara ini menggunakan dua kurikulum. Dimana kelas X akan menerapkan kurikulum 13 dengan mata pelajaran umum. Selanjutnya ketika naik ke kelas XI dan XII baru siswa akan menggunakan kurikulum merdeka dan memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan tujuannya," demikian Agus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: