Pemdes Suka Negara Bagikan 10 Ekor Sapi Program Ketahanan Pangan ke Masyarakat

Pemdes Suka Negara Bagikan 10 Ekor Sapi Program Ketahanan Pangan ke Masyarakat

Penyaluran ternak program ketahanan pangan Desa Suka Negara--

RADARUTARA.ID- Percepatan realisasi anggaran dana desa (DD) TA 2024, terus diupayakan oleh Pemdes Suka Negara, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara.

Konkretnya pada Jumat (19/7) hari, ini Pemdes Suka Negara telah membagikan atau menyerahkan 10 ekor sapi indukan yang berasal dari program ketahanan pangan kepada masyarakat melalui masing-masing RT di wilayah Desa Suka Negara.

Ditargetkan, 10 ekor sapi yang dibeli desa melalui anggaran DD TA 2024 ini nantinya bisa dikelola dengan baik oleh masing-masing RT hingga berkembang dan memberi nilai tambah terhadap ekonomi masyarakat di setiap RT.

"Kemarin kita sudah awali program ketahanan pangan ini dengan memberi pelatihan kepada seluruh pengelola yakni RT di setiap dusun. Dan hari, ini kami realisasikan atau bagikan 10 ekor sapi berasal dari program ketahanan pangan TA 2024 kepada setiap RT untuk dikelola atau dikembangkan," ujar Pj Kades Suka Negara, Iin Sulasmi.

BACA JUGA:Seluruh Areal DAS di PT Agricinal Harus Dibuat Pembatas, Camat: Termasuk DAS Sebelat dan Sabai

Diungkapkan Pj Kades, secara teknis 10 ekor sapi yang diserahkan desa ke masyarakat ini akan dikelola oleh masing-masing RT. Selanjutnya, kata Pj Kades, menjadi tugas setiap RT untuk mengatur pengelolaan sapi dari desa itu sesuai hasil musyawarah dan mufakat.

"Program ini sudah kita (desa) realisasikan ke masyarakat. Selanjutnya tugas setiap RT untuk mengelolanya. Termasuk pembagian hasilnya nanti seperti apa ke masyarakat, itu tergantung hasil musyawarah atau kesepakatan masyarakat di masing-masing RT," pungkasnya.

"Intinya, kami berharap sapi yang telah diserahkan oleh desa ini bisa dikelola dengan baik dan bisa berkembang secara berkesinambungan dengan target setiap KK di lingkungan RT nantinya bisa mendapat bagian. Dengan demikian secara bertahap ekonomi masyarakat akan mendapat nilai tambah dari program tersebut," pintanya.


Penyerahan bibit sapi--

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua BPD Suka Negara, Leo Fernando, SH, diharapkan setiap RT yang sudah menerima bantuan ternak sapi atas program ketahanan pangan dari DD TA 2024, ini bisa mengelolanya dengan baik.

"Silahkan dimusyawarahkan bersama masyarakat di setiap lingkungan RT. Mengingat jumlah ternak yang diberikan oleh desa jumlahnya terbatas. Tolong kedepankan azas musyawarah dan mufakat dalam pengelolaannya agar tidak menimbulkan persoalan sosial di masyarakat. Insya Allah jika hal, itu dilaksanakan semuanya akan berjalan dengan baik," imbaunya.

"Mudah-mudahan masing-masing ternak yang dikelola oleh desa ini nantinya dapat berkembang dan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat secara bertahap," demikian Leo.

Turut hadir dan menyaksikan jalannya penyaluran ternak sapi dalam rangka program ketahanan pangan di Suka Negara, ini adalah Camat MSS, Abdul Hadi, S.IP, unsur TNI-Polri, lembaga BPD, seluruh Ketua RT, Kadun hingga tokoh masyarakat di lingkungan Desa Suka Negara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: