Pemdes Air Petai Kolaborasi Bersama KWT untuk Sukseskan Program Ketahanan Pangan TA 2024

Pemdes Air Petai Kolaborasi Bersama KWT untuk Sukseskan Program Ketahanan Pangan TA 2024

Pemdes Air Petai serahkan bantuan pertanian kepada KWT dalam program ketahanan pangan--

RADARUTARA.ID- Sinergi atau kolaborasi dilalukan oleh jajaran Pemdes Air Petai, Kecamatan Putri Hijau dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan bersumber dari dana desa (DD) TA 2024 bersama kelompok wanita tani (KWT).

Lewat kolaborasi, ini diharapkan program yang menjadi salah satu konsen Pemdes Air Petai dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat secara mandiri ini bisa berjalan sukses dan memberi dampak positif secara langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Air Petai.

"Lokus program ketahanan pangan kita di tahun ini ada di sektor nabati. Dimana kegiatannya kita isi dengan pemberian bantuan berupa bibit sayur-sayuran lengkap beserta alat pertaniannya kepada masyarakat melalui peran KWT," ungkap Kades Air Petai, Amanto, Kamis (18/7).

BACA JUGA:Satu Desa di Pinang Raya Ini Dijadwalkan Akan Gelar Pilkades Tahun 2025

Kades menilai, KWT memiliki posisi dan peran yang sangat strategis untuk membantu desa dalam menyukseskan program ketahanan pangan. Karena sebagian besar masyarakat yang tergabung di dalam KWT sudah memiliki pengalaman dan terlatih di bidang pertanian.

"KWT sendiri isinya juga masyarakat. Bedanya masyarakat yang ada di dalam KWT ini sudah memiliki pengalaman dan terlatih di bidang pertanian. Sehingga kita sengaja menggandeng KWT untuk menyukseskan program ketahanan pangan tahun 2024 ini," pungkasnya. 

Di sisi lain, Camat Putri Hijau, Ahmadi, mengapresiasi langkah konkret yang ditempuh Pemdes Air Petai bersama KWT dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan yang bersumber dari DD TA 2024 ini. Diharapkan Camat, program ketahanan pangan yang mendapatkan support penuh dari desa ini bisa disambut positif oleh KWT dan mendatangkan hasil positif untuk masyarakat dan desa.

"Kami harapkan program ini bisa berjalan secara berkesinambungan. Dimana bantuan yang difasilitasi oleh desa dalam program ketahanan pangan, ini nantinya tidak sebatas diambil hasil panennya saja, tetapi secara mandiri bisa dikembangkan oleh KWT dan memberi dampak yang lebih luas kepada masyarakat," pintanya.

Sesuai pantauan radarutara.id, selain membagikan bantuan fasilitas program ketahanan pangan. Dalam kesempatan yang sama, Pemdes Air Petai juga berhasil menyalurkan program BLT-DD TA 2024 jatah dua bulan yakni Juni dan Juli 2025 kepada tiga KPM. Selanjutnya, rangkaian acara ini ditutup dengan pemasangan stiker atau labelisasi kepada rumah warga di Desa Air Petai yang menerima program bantuan dari pemerintah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: