Tak Bisa Digunakan Dalam Waktu Lama, Ternyata Ini Batas Umur Ban Mobil yang Harus Diketahui Oleh Pengemudi

Tak Bisa Digunakan Dalam Waktu Lama, Ternyata Ini Batas Umur Ban Mobil yang Harus Diketahui Oleh Pengemudi

Ini Batas Umur Ban Mobil Yang Harus Diketahui Oleh Pengemudi--

RADARUTARA.ID- Salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan adalah ban, hal ini lantaran ban memiliki fungsi untuk meredam dan menstabilkan laju.

Oleh sebab itu jika ada masalah pada ban tentunya bakal beresiko untuk terjadinya kecelakaan, biasanya hal ini terjadi lantaran ban yang sudah memiliki umur melebihi batas.

Mengendari mobil dengan yang sudah tidak prima lagi tentunya sangatlah berbahaya untuk pengemudi ataupun penumpang, oleh sebab itu para pemilik kendaraan wajib mengetahui faktor - faktor penting yang mempengaruhi umur ban mobil dan kapan saatnya ban harus segera diganti.

Ipin Pemilik Bengkel Mobik di Kota Bengkulu Menyampaikan bahwa, setiap ban memiliki batas usia pakai, meskipun masih memiliki alur yang tebal akan tetapi jika usia sudah lewat maka bisa menimbulkan Resiko yang membahayakan.

"Umur ban yang paling baik adalah 4 sampai 5 tahun , dan hal ini juga dapat dilihat pada tulisan yang ada di ban yang ditandai dengan empat angka. Dua digit pertama adalah pekan ban tersebut diproduksi, sedangkan dua digit di belakangnya tahun produksi,” katanya.

BACA JUGA:Harus Peka, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Kekurangan Angin, Bisa Bahayakan Perjalananmu

Selain itu harus diketahui pula bahwa pada umumnya setiap produsen ban selalu memberikan  rekomendasi usia ban yang ideal untuk diganti, yaitu sekitar 3 hingga 5 tahun. Namun, angka tersebut hanya merupakan patokan dasar. Faktor lain seperti intensitas penggunaan dan kondisi ban tetap perlu dipertimbangkan.

Tanda-tanda Ban Harus Diganti Ada beberapa tanda visual yang dapat membantu Anda menentukan kapan ban perlu diganti. Perhatikan apakah adanya keretakan pada permukaan ban, terutama di bagian samping atau dekat dengan alur ban. Selain itu, periksa apakah terdapat benjolan pada permukaan ban yang biasanya disebabkan oleh seringnya tertusuk benda tajam. Terpenting, periksa kedalaman alur telapak ban. Ban harus diganti apabila kedalaman alur telapak ban sudah mendekati atau melebihi batas keausan yang ditetapkan (biasanya sekitar 1/16 inci atau 1.6 mm

Untuk memaksimalkan umur pakai ban mobil, perawatan ban rutin sangat penting. Lakukan rotasi ban secara berkala untuk menjaga keausan ban lebih merata. Selain itu, pastikan melakukan balancing ban untuk menghindari getaran pada kemudi saat mobil melaju kencang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: