Ramai Dibahas, Apakah Acne Patch Efektif untuk Atasi Jerawat?

Ramai Dibahas, Apakah Acne Patch Efektif untuk Atasi Jerawat?

Ramai Dibahas, Apakah Acne Patch Efektif untuk Atasi Jerawat?--

RADARUTARA.ID- Pembahasan tentang acne patch saat ini sedang membanjiri media sosial. Netizen membahas keampuhannya sampai kebiasaan penggunaan secara berulang yang justru terkesan jorok dan tidak higienis.

Contohnya di TikTok, beberapa pengguna menyinggung acne patch yang dipakai berulang kali. Konon, acne patch sengaja ditempel di cermin atau dinding kamar mandi ketika ingin mencuci muka. Setelah selesai, acne patch ditempel kembali ke wajah.

Tak hanya itu, ada pula yang mengaku memakai acne patch hanya untuk ikut-ikutan saja. Padahal, wajahnya mulus tidak ada jerawat.

Kalau begini, apakah penggunaan acne patch untuk mengatasi jerawat benar-benar efektif?

BACA JUGA:Cuma 10 Menit dari Kota Mukomuko, Pantai Air Patah Jadi Lokasi Favorit untuk Prewedding

Acne patch oleh beberapa orang disebut pula sebagai stiker jerawat. Bentuknya terkadang di bikin selucu mungkin, seperti bunga, bintang, ataupun hewan-hewan dalam skala kecil.

Acne patch biasa juga disebut dengan perban perekat yang dirancang khusus untuk menghilangkan kelembapan dan sebum dari jerawat. Stiker kecil ini juga mengandung hidrokoloid, gel yang mempunyai manfaat penyembuhan luka.

Ketika acne patch ditempel di jerawat, hidrokoloid menyatu dengan sebum dan kotoran, keduanya akan membentuk gel. Tambalan ini akan menjaga jerawat aman dari infeksi sekaligus mencegahnya pecah.

Kamu juga bisa memakai acne patch walaupun sudah memencet jerawat. Karena, patch ini juga bisa berfungsi seperti plester untuk luka dan mencegah masuknya lebih banyak bakteri sampai akhirnya malah memperburuk kondisi jerawat.

BACA JUGA:Khusus Pemula, Ketahui 4 Tips Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Acne patch memang bisa menjadi solusi yang paling efektif dan nyaman untuk mengatasi jerawat. Namun, acne patch harus digunakan dengan benar.

Satu hal yang haris diperhatikan yaitu acne patch tidak dianjurkan untuk dipakai berulang. Penggunaan acne patch secara berulang tidam akan memberikan manfaat apapun.

Sebuah penelitian kecil menyebutjan bahwa hidrokoloid yang terkandung dalam acne patch secara efektif akan mengurangi kemerahan, sekresi berminyak, hingga bintik hitam pada orang dengan jerawat ringan mauoun sedang.

Studi lain menyebutkan bahwa orang dengan jerawat di wajah mempunyai lebih sedikit jerawat dan pigmentasi gelap sesudah memakai patch microneedle yang larut selama 28 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: