Deretan Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 5 Padat Penduduk!

Deretan Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 5 Padat Penduduk!

Deretan Pulau Terbesar di Indonesia, Nomor 5 Padat Penduduk!--

RADARUTARA.ID- Pulau merupakan massa daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air dan kerap berada atau muncul di atas permukaan ketika sedang pasang tinggi.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang mempunyai banyak pulau dari bermacam ukuran. Lantas, apa saja pulau terbesar di Indonesia? 

Berikut ini deretan pulau terbesar di Indonesia yang harus diketahui.

1. Papua

Pulau Papua memiliki luas wilayah mencapai 786.000 km persegi. Pulau ini juga menjadi pulau terbesar nomor dua di dunia sesudah Greenland.

Kepemilikan pulau ini dibagi dengan Papua Nugini. Pulau Papua terdiri dari Provinsi Papua dan Papua Barat. Salah satu hal menarik dari Pulau Papua yaitu keberadaannya sebagai satu-satunya pulau di Indonesia yang termasuk di dalam Oseania.

BACA JUGA:Ini 15 Daerah Termiskin di Indonesia, Bengkulu Termasuk?

2. Kalimantan

Urutan pulau terbesar di Indonesia yang berikutnya adalah Pulau Kalimantan. Selain milik Indonesia, pulau ini juga dimiliki oleh negara Jiran atau Malaysia dan Brunei dengan bagian terbesar yaitu wilayah Indonesia.

Hutan hujan yang dimiliki pulau Kalimantan menjadi salah satu yang paling tua di dunia. Hutan tersebut menyimpan beraneka jenis satwa liar yang langka, salah satunya orang utan Kalimantan.

3. Sumatera

Pulau Sumatera memiliki luas wilayah sebesar 473.481 km persegi sehingga dinobatkan sebagai pulau terbesar nomor tiga di Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah barat Jawa dan selatan Semenanjung Malaya.

Di dalam pulau satu ini ada beraneka ragam hayati yang luar biasa indah lengkap dengan danau kawah gunung berapi raksasa paling besar di dunia.

BACA JUGA:Ini Rangkaian Upacara Tabot, Tradisi Menyambut Tahun Baru Islam di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: