Tips Merawat Kendaraan, Benarkah Oli Mesin Bercampur Lumpur, Harus Dibongkar?

Tips Merawat Kendaraan, Benarkah Oli Mesin Bercampur Lumpur, Harus Dibongkar?

Tips Merawat Kendaraan, Benarkah Oli Mesin Bercampur Lumpur, Harus Dibongkar?--

RADARUTARA.ID- Salah satu komponen paling penting pada kendaraan adalah oli mesin, namun jika oli mesin bercampur dengan lumpur apakah harus dibongkar?

Joko mekanik mobil di kota Bengkulu mengungkapkan, Bila oli sudah berlumpur, maka bisa dikatakan mobil tidak lagi prima dan sebaiknya segera melakukan perbaikan. 

"Bahkan sebagian orang menganggap perlu melakukan turun mesin," katanya.

Dijelaskannya pula, jikaoli mesin sudah  berlumpur memang metode paling efektif untuk pembersihan adalah overhaul atau turun mesin.

"Bisa dikatakan turun mesin yang dibutuhkan termasuk ringan, karena bila belum terlambat komponen tidak akan ada yang aus, hanya fokus pembersihan dan pengukuran saja, sehingga tidak ada biaya penggantian onderdil dalam jumlah besar,” jelasnya.

BACA JUGA:4 Ciri-Ciri Weton Tulang Wangi yang Disukai Makhluk Gaib

Diungkapkannya pula, memang ada metode flushing yakni dengan menambahkan cairan aditif ke dalam oli sehingga lumpur bisa luruh dan terbuang saat proses penggantian. Namun, cara tersebut dinilai tidak efektif dan justru bisa memicu masalah lain.

"Flushing atau pembersihan sebagian saja tidak akan menyelesaikan masalah, justru bisa menimbulkan masalah baru, bila sampai luruhan lumpur menyumbat saluran oli,” ujarnya.

Lebih jauh dikataknya, lumpur oli secara besar-besaran akan berjatuhan ke bawah dan sebagian ikut bersirkulasi. Sementara lubang oli pada sistem pelumasan relatif kecil dan terdapat penyaringnya.

"Lumpur tersebut berpeluang menutup saringan oli pada jalur utama sehingga berpeluang menurunkan tekanan oli sehingga pelumasan menjadi tidak optimal," ungkapnya 

Maka dari itu, Joko memberikan solusi turun mesin lebih dini ketika sudah dijumpai lumpur pada ruang oli mesin sebagai langkah antisipasi daripada muncul masalah lain yang lebih besar.

“Dengan membersihkan semua area oli dan mengganti ring piston set, gasket dan pengukuran, biaya turun mesin mulai Rp 6 jutaan sampai Rp 7 jutaan, tergantung jenis mobilnya” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: